kumparan
search-gray
News22 Februari 2020 20:04

Ucapan Syukur Warga Lesah, Lewat Upacara Adat Tulude

Konten Redaksi Manado Bacirita
Ucapan Syukur Warga Lesah, Lewat Upacara Adat Tulude  (878592)
Perangkat Kampung Lesah mengikuti Pesta Adat Tulude
Warga Kampung Lesah, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Kamis (20/2) mengadakan upacara Tulude, pesta Adat yang diselenggarakan untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan, atas berkat yang didapatkan pada tahun 2019 lalu.
ADVERTISEMENT
Upacara Tulude adalah warisan para leluhur masyarakat di daerah Kepulauan Nusa Utara yang meliputi Sangihe, Talaud dan Sitaro. Upacara ini sakral, karena merupakan bagian pengucapan syukur kepada Mawu Ruata Ghenggona Langi (Tuhan Yang Mahakuasa) atas berkat kepada umat manusia.
Acara adat yang bertajuk 'Saliwang Banua' ini dihadiri oleh Camat Tagulandang, Mordekhai Stirman, Majelis Tua Kampung dan seluruh masyarakat di wilayah tersebut.
“Upacara adat Tulude adalah wujud ucapan syukur dan terimakasih kita kepada Sang Pencipta. Maka atas nama pemerintah daerah, saya sangat mengapresiasi kegiatan budaya ini dapat terlaksana dengan baik oleh warga masyarakat di Kampung Lesah,” ujar Camat Tagulandang, Mordekhai Stirman, saat membuka kegiatan.
Ia pun berharap kebersamaan yang sudah tercipta selama ini terus terjalin dengan baik. Stirman juga mengajak warga menjaga kebersamaan, untuk membangun kampung dan Kabupaten Kepulauan Sitaro secara luas.
ADVERTISEMENT
Dalam pesta adat ini, juga dilakukan pemotongan Kue Tamo, kue adat tradisional yang dipersembahkan untuk maha pencipta.
franky salindeho
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white