kumparan
25 Oktober 2019 21:58

Wempi Wetipo, Wamen PUPR yang Pernah Jadi Office Boy Semasa Kuliah

john wetipo menerima penghargaan dari kpk saat masih menjabat sebagai bupati jayawijaya.png
Wakil Menteri PUPR, John Wempi Wetimpo saat menerima penghargaan dari Ketua KPK RI Agus Rahardjo, semasa menjabat sebagai Bupati Kabupaten Jayawijaya. Penghargaan ini diterima di salah hotel di Kota Manado, Sulawesi Utara. (foto: dok Denny Kaligis)
Presiden Joko Widodo menunjuk Mantan Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Ia akan mendampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
ADVERTISEMENT
Bupati dua periode di Jayawijaya ini sendiri ternyata pernah mengenyam pendidikan tinggi Kepariwisataan di Kota Manado, tepatnya di Akademi Pariwisata Manado dengan gelar Ahli Madya Pariwisata. Selama 5 tahun, Wetimpo menempuh pendidikan di ibu kota Provinsi Sulawesi Utara ini.
Direktur Akademi Pariwisata Manado, Denny Kaligis, menceritakan masa kuliah anak didiknya tersebut sejak tahun 1991 sampai 1995. Kepada manadobacirita, Kaligis mengawali ceritanya dengan menyebut jika John adalah anak yang sangat jujur, disiplin, dan orang Papua yang sangat pintar.
direktur akademi pariwisata manado denny kaligis berfoto bersama john wetimpo wamen pupr.png
Direktur Akademi Pariwisata Manado, Denny Kaligis bersama Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo yang mantan anak didiknya di Manado
"Terus terang, bahasa Inggrisnya fasih. Saya juga yakin dia orang yang sangat jujur. Banyak kejadian di kampus yang membuat saya yakin dia (Wetipo), adalah orang yang sangat jujur," tutur Kaligis, Jumat (25/10).
ADVERTISEMENT
Kaligis bilang Wetipo adalah orang yang religius, tapi tidak mau diketahui orang. Bahkan, kata Kaligis, Wetipo kerap membawa buku Alkitab kecil di dalam sakunya.
"Mungkin hanya saya dan istri saya yang tahu soal ini (bawa alkitab). Itu karena Wetipo itu adalah orang yang sangat pendiam. Selalu berusaha merendahkan diri, walaupun orang tahu jika dia itu sangat pintar," ujar Kaligis.
Wetipo sendiri tercatat sebagai mahasiswa yang mengambil jurusan Perhotelan di akademi pariwisata Manado. Selama kuliah di akademi itu, Wetipo juga merangkap sebagai seorang waker atau istilah saat ini sebagai office boy.
Selain bekerja sebagai waker, kala itu Kaligis meminta agar Wetipo sekaligus menjaga keamanan kampus untuk menambah biaya kuliahnya. Apalagi Wetipo juga kala itu mengikuti Resimen Mahasiswa (Menwa).
ADVERTISEMENT
"Saya lihat waktu itu, dia adalah orang pintar yang butuh bantuan. Karena saya tahu dia jujur, akhirnya saya minta dia untuk menjadi pengurus bagian umum di kampus. Dan dia menjalankannya dengan sangat disiplin," kata Kaligis.
John Wempi Wetipo, Wakil Menteri Jokowi
Calon Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Selama 3 tahun menjadi waker, Kaligis mengaku sangat respek terhadap Wetipo yang selalu jujur dan disiplin tapi tak pernah meninggalkan bangku kuliahnya.
"Dia sangat disiplin. Belum ada orang di kampus, dia sudah datang untuk menjalankan tugasnya. Dia juga begitu jujur, karena beberapa kali saya tinggalkan uang di dalam ruangan, tak pernah sepeserpun kurang, padahal dia selalu membuka ruangan saya dan membersihkannya," tutur Kaligis.
Kaligis pun mengaku dirinya bersama istri sangat yakin dia bakal menjadi orang yang bisa dipercaya di kabinet. Apalagi kejujurannya sudah terbukti sejak masih kuliah, maupun saat menjabat sebagai Bupati Jayawijaya dua periode.
ADVERTISEMENT
"Saya tahu rekam jejaknya, karena saya juga sering bersama dengan dirinya. Bahkan, beberapa waktu lalu, dia pernah mendapatkan penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sebagai Bupati yang daerahnya memiliki pemerintahan yang bersih," tutur Kaligis kembali.
isa anshar jusuf
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan