Buzz
·
17 Juli 2021 8:10
·
waktu baca 3 menit

Perkuliahan di Era Pandemi

Konten ini diproduksi oleh MARCHELINA NAFTALY ROMAULY TOBING
Perkuliahan di Era Pandemi (55016)
searchPerbesar
Telkom University by pixabay
Hai semua apa kabar nih, tentunya baik-baik aja kan di sana karena ini di era pandemi buat keluar beli barang penting kebutuhan sehari-hari aja lumayan ribet proteksi diri, jangan lupa jaga imun tubuh ya biar gak kena virus corona yang menyebalkan itu. Kalian pasti sudah pada ngerasain ya sekarang kuliah atau sekolah virtual itu gimana, pasti rasanya kurang nyaman belajar sendirian di kamar, biasanya kita ngumpul bareng di sekolah buat belajar dengerin guru, ke kantin, atau ngelakuin apa pun bareng deh, tapi sekarang sudah ada virus corona yang menghalangi kita untuk ketemu langsung di sekolah.
ADVERTISEMENT
Corona mengubah kehidupan sosial kita seratus delapan puluh derajat dari yang awalnya ketemuan tanpa ribet sekarang harus pusing dulu nyari muka teman yang terhalang masker bikin badmood ya.
Tapi demi kesehatan apapun dilakuin deh. Dan enggak lupa kita jaga kesehatan menggunakan prokes juga buat melindungi orang yang kita sayang, enggak hanya itu keribetannya, satu hal ini nih yang kita kadang sampe pusing tujuh keliling, yaitu hand sanitizer. Kalian ngerasa juga gak sih kalo pake hand sanitizer itu yang paling ribet, karena setiap kali habis megang apa pun di luar kita pasti harus langsung semprot.
Belum lagi nyari di mana itu hand sanitizer, satu keribetan ini pun juga harus banget dilakukan untuk menjaga satu sama lain dan kita sendiri ya kan. Dua hal tadi adalah sebagian besar dari prokes yang kita wajib jalankan ketika berada di tempat umum, enggak hanya itu kita juga harus jaga jarak antar sesama manusia.
ADVERTISEMENT
Hal ini tidak ribet karena kita kalo di luar atau di tempat umum biasanya sudah disediakan tempat duduk yang berjarak aman untuk menghindari virus corona, jadi kalian ga perlu lagi ribet mindahin kursi buat jaga jarak antar teman kalian.
Kuliah di era pandemi ini juga punya kelebihan dan kekurangannya, sebelumnya aku udah bilang tentang kekurangan sekolah atau kuliah di era pandemi itu gimana sekarang kelebihannya, tau gak sih bagi yang sekolahnya merantau sekolah online itu menghemat biaya kaya aku, gak perlu bayar uang kos kosan dan uang makan yang kadang bikin kita ngerasa jadi beban banget buat keluarga.
Perkuliahan di Era Pandemi (55017)
searchPerbesar
Pembukuan by pixabay
Keuntungan bagi orang umum yang kalo kuliah gak harus mikirin biaya kost dan biaya makan karna merantau dan harus manage uang sendiri yang pasti bisa ngelakuin hal yang dia mau dengan mengatur sendiri jadwal belajar dan juga jadwal nongki-nongkinya.
ADVERTISEMENT
Dan gak cuma itu keuntungannya, karena fleksibilitas ini untuk kita yang mau mulai bisnis kecil-kecilan juga akan terbantu. Karena kita bisa usaha sambil nugas yang waktunya juga kita bisa tentuin sendiri.
Di kampusku kelebihan pembelajaran online-nya juga ada loh mulai dari pengumpulan tugas tanpa harus menulis dengan tangan, tapi pakai komputer untuk ketik dan kirim tugas-tugas kampus, sampai asistensi laporan ke aslab tanpa harus tatap muka.
Perkuliahan di Era Pandemi (55018)
searchPerbesar
Wattsapp by pixabay
Pada era pandemi ini juga emang susah sih bagi kita yang baru masuk kuliah dan belum punya teman-teman di kampus, kan kalo offline bisa yah kita senggol dikit eh kenalan.
Tapi kalo online kita akuin susah kan, kalo aku sih punya teman kampus yang gak termasuk banyak juga tapi ya ada, semua awalnya dari tahun ajaran baru untuk masuk kuliah semester awal, di situ kita semua masih pengenalan mahasiswa/i yang ada di kelas jadi masih masa masa buat menghafal nama nama teman kelas sendiri, awalnya aku punya teman gak sih?
ADVERTISEMENT
Yes aku punya, dan itu teman sekolah aku yang sebelumnya sekolah sama aku di sekolah menengah kejuruan sebelum aku masuk kampus yang sekarang aku belajar, tapi cuma dua sampai tiga orang gitu, awalnya gak ada niat buat punya teman dekat karena ya gimana kita kan pada belum pernah ketemu, bisa deket lebih dari kenal nama tapi ternyata aku salah, awalnya kita kenalan kaya biasa buat nugas bareng di aplikasi meet yang biasa dijadiin tempat buat ngerjain tugas kelompok.
Dan aku kira setelah kelompok itu selesai tugas kita juga bakal balik lagi kaya biasa dan balik kaya canggung gitu kalo saling ngomong di grup chat, ternyata kita mulai deket setelah tugas itu selesai karena setelah tugas itu selesai kita tetep aja saling rame di grup dan punya kegiatan lain untuk lebih dekat lagi satu sama lain yaitu nonton film bareng.
ADVERTISEMENT
Semua film yang dimainkan yang merekomendasikan juga kita kecuali film horror karna salah satu dari kami gak berani nonton horror dan dari situ kita punya group sendiri buat nugas bareng dan buat nonton film bareng-bareng kalo lagi senggang.
Itu dulu cerita aku tentang gimana sih pembelajaran dan kegiatan perkuliahan yang aku lakukan pada saat pandemi sekarang ini semoga menghibur kalian yang lagi pusing nugas dan gabut hehe.