Mobil Polisi Palsu Terciduk di Bogor

Mobil beserta pelat palsu tersebut sudah disita polisi.
Mobil dengan Plat Polisi. (Foto: Dok. Instagram: @tmcpolresbogor)

Kepolisian Resor Kota Bogor mengamankan mobil polisi palsu, Sabtu (19/11). Akun instagram @tmcpolresbogor menyebutkan, mobil beserta pelat nomor palsu tersebut kini sudah disita pihak kepolisian.

"Untuk pelatnya sendiri sudah disita oleh Kepolisian Bogor dan diberi tindakan hukum kepada yang bersangkutan," tulis @tmcpolresbogor dalam captionnya.

Dari foto yang terlihat, mobil Mitsubishi hitam itu menggunakan logo Polri bernomor 1783-07. Atas kejadian itu, polisi melarang keras pihak manapun yang menggunakan pelat nomor yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

"Jangan jadi nakupol (nakutin polisi) apalagi nakura (nakutin rakyat) dengan berpura-pura menjadi mobil polisi.. kan kasihan polisi beneran yang memang karena tugasnya..," tulis @tmcpolresbogor.

"Kalau mau pura-pura boleh, tapi pada saat cosplay dan pameran mobil-mobilan,"

BACA JUGA

Kelengkapan surat tanda nomor kendaraan bermotor tertuang dalam Pasal 68 ayat (1) Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Aturan tersebut juga terdapat di dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Registrasi Dan Identifikasi Kendaraan Bermotor (“Perkapolri 5/2012”). Dalam Pasal 1 angka 10 Perkapolri 5/2012 disebutkan bahwa TNKB resmi hanya diterbitkan oleh Polri.

BACA SUMBER