• 6

Sambut HUT RI, BNI Gelar Pasar Rakyat Istimewa di Yogyakarta

Sambut HUT RI, BNI Gelar Pasar Rakyat Istimewa di Yogyakarta


Persiapan Pesta Rakyat Istimewa BNI

Persiapan Pesta Rakyat Istimewa BNI (Foto: Deanda Dewindaru/kumparan)
Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) akan segera tiba. Berbagai perayaan kemerdekaan, seperti upacara bendera, perlombaan 17-an, pentas seni, dan sebagainya rutin diselenggarakan masyarakat untuk memeriahkan HUT RI sepanjang bulan Agustus ini.
Kementerian Badan Usaha Milik Negara memberikan mandat kepada seluruh BUMN untuk menyelenggarakan perayaan kemerdekaan yang bersifat kerakyatan di berbagai daerah. Hal ini sejalan dengan semboyan 'BUMN Hadir Untuk Negeri', memberikan kontribusinya bagi pembangunan Indonesia.

Persiapan Pesta Rakyat Istimewa BNI

Persiapan Pesta Rakyat Istimewa BNI (Foto: Deanda Dewindaru/kumparan)
PT Bank Negara Indonesia (BNI), sebagai salah satu BUMN, mendapatkan kesempatan merayakan HUT RI bersama masyarakat Kota Yogyakarta. Dalam kesempatan ini, BNI akan mengadakan acara kerakyatan, yakni mengadakan Pasar Rakyat Istimewa, pada Minggu (13/8), di Alun-Alun Kidul (Utara) Yogyakarta.
Pesta Rakyat Istimewa BNI sendiri akan dilaksanakan mulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Head of Bussines Performance adn Channel Management BNI, Sakariza, sekaligus sebagai Wakil Ketua Panita menjelaskan, terdapat delapan rangkaian kegiatan dalam acara yang sudah dilaksanakan ketiga kalinya ini.

Jalur jalan sehat Pesta Rakyat Istimewa

Persiapan Pesta Rakyat Istimewa BNI (Foto: Deanda Dewindaru/kumparan)
“Acara besok itu temanya Pesta Rakyat Istimewa, ada delapan acara di dalamnya, semuanya diadakan di Alun-Alun Utara Yogyakarta, mulai dari pagi pukul 06.00 WIB, sampai siang pukul 11.00 WIB” ujar Sakariza kepada kumparan (kumparan.com), saat melakukan persiapan acara di lokasi, Sabtu (12/8).
Kedelapan acara Pasar Rakyat Istimewa terdiri dari kegiatan senam Zumba dan jalan sehat, pasar murah sembako, pasar kuliner rakyat, bermain angklung dengan lagu daerah Yogyakarta, pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), cek kesehatan gratis, perlombaan 17-an, dan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk makan Gudeg terbanyak. Menurut Sakariza, acara pasar Rakyat Istimewa terbuka bagi masyarakat umum dan tidak dipungut biaya.
“Masyarakat berbagai kalangan silakan ikut datang meramaikan, karena ini acara yang sangat bermanfaat dan gratis, silakan ikuti dari awal kegiatan jalan sehat hingga selesai,” ajak Sakariza.
Tak lupa berbagai konser musik turut memeriahkan acara ini. Baik artis lokal hingga artis ibu kota, salah satunya pedangdut Ayu Ting-Ting, akan menjadi pengisi acaranya.

Persiapan Pesta Rakyat Istimewa BNI

Persiapan Pesta Rakyat Istimewa BNI (Foto: Deanda Dewindaru/kumparan)
“Tentunya akan ada penampilan musik dari artis lokal dan nasional. Pengisi acara ada dua band lokal yang lagi ngetrend dan ngehits disukai masyarakat Yogyakarta adalah NDX, yang beraliran hiphop dan kedua dalah artis ibu kota Ayu Ting-Ting,” jelas Sakariza
Jika anda sedang berlibur di Kota Yogyakarta pada akhir pekan ini, tidak ada salahnya untuk datang ke acara Pesta Rakyat Istimewa BNI Yogyakarta. Berikut rangkaian acara Pasar Rakyat Istimewa BNI Yogyakarta:
1. Senam Zumba dan Jalan Sehat. Kegiatan ini dimulai pada pukul 06.00 WIB. Masyarakat umum dapat mengikutinya secara gratis dengan mendaftar terlebih dahulu dari pukul 05.00 WIB. Satu peserta akan mendapatkan satu kaos dan satu kupon yang dapat ditukarkan untuk mendapatkan snack, makananan Gudeg, dan undian hadiah.
2. Rekor MURI Sajian Gudeng Terbanyak. Pada acara ini akan disediakan lebih dari 4.000 porsi Gudeg. Masyarakat yang datang dipersilakan untuk menikmatinya secara gratis
3. Penampilan Alat Musik Angklung dengan Lagu tradisional Jawa, pada pukul 08.15 WIB. Masyarakat dapat menikmati alunan Angklung sembari beristirahat dan menikmati jajanan kuliner rakyat, booth pameran UMKM, cek kesehatan gratis, dan perlombaan 17-an.
4. Pasar Murah Sembako. Terdapat 1.000 paket sembako, yang dapat dibeli oleh masyarakat dengan harga Rp 25 ribu per paket sembako
5. Pesta Kuliner Rakyat. Terdapat 15 Pedagang Kaki Lima (PKL) baik itu makanan dan minuman yang akan menjajakan berbagai makanan dan minuman khas Yogyakarta. Tentunya masyarakat dapat menikmatinya secara gratis
6. Pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Yogyakarta. UMKM yang dipamerkan merupakan UMKM binaan BUMN.
7. Cek Kesehatan Gratis. Sembari menikmati rangkaian acara Pesta Rakyat Istimewa, masyarakat dapat juga memeriksa kondisi kesehatannya di booth cek kesehatan secara cuma-cuma.
8. Berbagai Perlombaan 17-an. Perlombaan yang diadakan terdiri dari lomba memasukkan pensil ke dalam botol, balap karung, egrang, tarik tambang, dan balap bakiak.

EkonomiNewsBNIYogyakartaPesta Rakyat Istimewa

500

Baca Lainnya