• 1

Ragam Wisata Mistis di Dunia

Ragam Wisata Mistis di Dunia



Indonesia tak pernah kehabisan tempat angker untuk dijelajahi, dari pedesaan hingga perkotaan. Dan bukan rahasia lagi wisata mistis kerap digandrungi oleh mereka yang menyukai metasifik. Terlebih masyarakat Indonesia memiliki tingkat okultisme--kepercayaan kepada kekuatan gaib--cukup tinggi.
Namun, kegemaran terhadap hal mistis ternyata bukan milik masyarakat Indonesia saja, melainkan warga dunia.
Nuansa horor berkembang menjadi salah satu daya tarik wisata yang tak main-main peminatnya. Bahkan, kerap kali dihadirkan secara cuma-cuma--walau dengan lokasi kunjungan terbatas.
Salah satu wilayah yang dikenal dengan wisata “hantu”-nya adalah Edinburgh, Skotlandia.
Kota cantik klasik itu memang tak lepas dari berbagai mitos dan sejarah mistik di tiap sudutnya. Mulai pastor tanpa kepala yang kerap terlihat berjalan di kastil Edinburgh, hingga cerita penampakan MacKenzie di sebuah kuburan klasik bernama Greyfriars Kirkyard.
Berbagai peristiwa, mitos, dan legenda mistis yang beredar di Edinburgh itu lantas dihadirkan dalam ragam tur mistis yang digelar siang hingga malam hari.

Cover Lipsus Wisata Mistis

Cover Lipsus Wisata Mistis (Foto: thinkstock)
Sebagai salah satu kota wisata, Edinburgh menawarkan beraneka tur mistis secara cuma-cuma. Hanya, tentu, tempat dan durasi jadi terbatas. Misalnya, tur mistis gratis hanya akan mengantarkan anda ke 3-5 titik “angker” di Edinburgh.
Edinburgh pun menghadirkan open trip berbayar yang akan mengajak pesertanya ke lebih banyak tempat dan bangunan penuh mitos. Bahkan, jika cukup beruntung dalam berebut kuota tur, pengunjung dapat merasakan nuansa ngeri Edinburgh pada malam hari.
Harga paket tur mistis yang ditawarkan pun beragam, tergantung jumlah tempat, jumlah peserta, dan kategori umur peserta.
Untuk anak-anak di bawah 5 tahun, mereka tidak dikenai biaya di sebagian besar tur. Sementara anak-anak hingga remaja diminta membayar 3-5 pound, dan dewasa 10 pound per orang.
Sekali tur, peserta dapat mencapai 20-30 orang, sehingga ditetapkan kuota sekitar 40 orang per grup agar tur dapat berjalan kondusif dan maksimal.
Dalam satu hari, tur tak hanya digelar sekali-dua kali. Umumnya, satu rangkaian tur membutuhkan durasi sekitar dua jam. Para peserta diarahkan untuk menunggu di beberapa titik tunggu yang disiapkan oleh penyedia jasa tur.

Kastil Edinburgh

Kastil Edinburgh yang terkenal angker. (Foto: edinburghcastle.gov.uk)
Salah satu penyedia jasa tur mistis di Edinburgh adalah Ghost & Vampire Tours Edinburgh. Melalui laman website getyourguide.com, mereka menawarkan beberapa pilihan tur seperti tur bawah tanah, tur kastil, hingga tur di beberapa pemakaman ternama.
Sedikit berbeda dengan penyedia jasa tur yang lain, Ghost & Vampire Tour Edinburgh memukul rata harga tiket tur: 12-15 pound per peserta.
Dengan kecantikan klasik dan berbagai mitosnya, Edinburgh memang identik dengan aktivitas spiritual yang lalu dikomodifikasi dalam bentuk tur mistis.
Seperti juga Jerman yang menawarkan sejuta keindahan klasik–lengkap dengan sejarah kelam di baliknya. Riwayat suram itu lantas diperkenalkan pada masyarakat luas melalui rangkaian tur mistis yang diadakan hampir di tiap kota besar di Jerman.
Haunted Berlin Tour, misalnya. Tur ini mengajak peserta untuk berkeliling dan mendengar deretan cerita hantu dan sejarah di Kota Tua Berlin. Dengan durasi 1,5 hingga 2,5 jam, peserta ditarik biaya sekitar 12 euro untuk kategori dewasa. Sementara untuk paket tur dengan durasi 4 jam dikenakan biaya 15 euro.

Gedung Reichstag di Berlin, Jerman

Gedung Reichstag di Berlin, Jerman (Foto: Muhammad Iqbal/kumparan)
Tak hanya di Berlin, Frankfurt pun menyediakan jasa tur mistis mengelilingi kota bersejarah tersebut. Haunted Frankfurt Tour akan mengajak peserta membedah dan mendengar sejarah di balik mitos yang ada di kota itu. Tiap peserta tur ini dikenakan biaya serupa dengan Haunted Berlin Tour.
Namun, tur mistis bukan berarti hanya milik kota atau negara cantik nan klasik seperti di Eropa. Negara modern nan sophisticated pun diam-diam punya sejarah gelap di baliknya--yang laris dijual.
Amerika yang acap disanjung modern termasuk yang menyimpan mitos dan sejarah di balik gedung-gedung tinggi pencakar langitnya. Jasa wisata mistis dan kilas balik sejarah berhantu pun ramai ditawarkan oleh penyedia jasa tur wisata.
Laman uscitytraveler.com misalnya menghadirkan daftar 13 tur terseram di Amerika yang tersebar di beberapa kota. Salah satu di deretan teratas adalah Ybor City Ghost Tour yang mengajak pesertanya merasakan aktivitas paranormal di kota Ybor, Tampa, Florida.
Tiap peserta dengan kategori umur dewasa diharuskan membayar 25 dolar AS, sedangkan anak-anak dikenakan 10 dolar AS.

Perbatasan Nogales

Arizona - Sorona. (Foto: Flickr)
Wisata mistis juga hadir di kota Tombstone, Arizona. Bertajuk Tombstone Gunfighter and Ghost Tour, tur ini mengajak peserta menjelajah kota Tombstone yang memiliki latar belakang sejarah penuh darah.
Seperti jasa tur lain di AS, tur ini pun menarik biaya 15 dolar AS untuk dewasa dan 10 dolar AS untuk anak-anak.
Deretan tur mistis yang terdapat di berbagai negara setidaknya menunjukkan, masyarakat tetaplah erat dengan “dunia lain” yang tak dapat disentuh namun mungkin dapat dirasa di sekitar kita.
Demi memuaskan setetes dahaga atas rasa penasaran mereka, masyarakat pun rela membayar sejumlah uang--membuka ladang bisnis segar bagi para agen wisata.
Bagaimana dengan anda? Tertarik untuk memacu adrenalin bersama rangkaian tur supranatural?

Infografis Pamor Mistis Pasca-Tragedi 1998

Infografis Pamor Mistis Pasca-Tragedi 1998 (Foto: Bagus Permadi/kumparan)


LipsusWisata MistisTravelHororSupranatural

500

Baca Lainnya