Entertainment
·
3 Maret 2021 9:14

Siapa Bilang TikTok Hanya untuk Hiburan?

Konten ini diproduksi oleh Kontrak Hukum
Siapa Bilang TikTok Hanya untuk Hiburan? (29821)
Media sosial TikTok semakin meroket di tengah masa pandemi seperti ini. Menurut perusahaan riset Sensor Tower, TikTok menjadi aplikasi paling banyak diunduh kedua setelah Telegram. Selain sebagai tempat mencari hiburan, TikTok ternyata dapat menjadi platform belajar yang baik dan asik. Salah satunya sebagai tempat menggali ilmu bisnis dari video berdurasi pendek yang diunggah oleh para kreator. Kapan lagi kan dapat ilmu bisnis secara gratis? Nah, melalui artikel kali ini, Kontrak Hukum merangkum beberapa kreator yang mungkin dapat membantu melancarkan bisnis Sobat KH. Cekidot!
ADVERTISEMENT
1. @bisnisbarengbram (Septian Bramandita)
Konten yang dibuat oleh kreator TikTok ini membahas seputar bisnis dan marketing seperti Facebook Ads, Google Ads, Instagram Ads, dan lain-lain. Bisnisbarengbram atau Bram juga sering membagikan tips dan trik bagaimana cara berbisnis online. Dari kapan waktu yang tepat untuk paid promote hingga bagaimana menentukan influencer yang cocok untuk bisnis. Informasi-informasi tersebut dikemas Bram secara rinci dan mudah untuk dipahami. Tidak heran jika akun TikTok Bram memiliki followers hingga 593,8ribu. Apabila Sobat KH ingin menggali lebih dalam, Bram memiliki akun Youtube yang dapat dikunjungi.
2. @jr.raynaldi (Joseph Ricky Raynaldi)
Bagi Sobat KH yang mempunyai bisnis di bidang F&B, silakan follow kreator yang satu ini. Konten yang diunggah di akun TikToknya cukup banyak membahas mengenai bagaimana mengelola usaha di bidang kuliner. Contohnya seperti bagaimana desain menu resto yang simpel, cara mempertahankan keramaian resto, harga sewa tempat yang ideal, dan lain-lain. Ricky menyampaikan informasinya secara singkat, tegas, dan jelas. Tentunya konten-konten tersebut disukai banyak pengguna TikTok lainnya. Sampai artikel ini dibuat, akun TikTok Ricky telah diikuti 42,5ribu pengguna. Apakah Sobat KH salah satunya?
ADVERTISEMENT
3. @entrepreneurs.id
Memulai suatu bisnis membutuhkan mental dan pengetahuan. Melalui media sosial TikTok, entrepreneurs.id membagikan kiat-kiat sukses menjalani bisnis. Bahkan akun tersebut memberikan informasi mengenai seminar atau webinar yang dapat membangun cara pikir saat berbisnis. Berikut beberapa konten yang dapat dilihat dalam akun entrepreneurs.id, yaitu kesalahan para pengusaha saat merintis usaha, cara membuat campaign untuk bisnis kosmetik, tantangan yang akan dihadapi saat berbisnis, dan sebagainya. Sangat bermanfaat, bukan? Hingga saat ini, entrepreneurs.id sudah diikuti 41,1ribu pengguna.
4. @julio.ioio (Julio Halim)
Yang punya bisnis ekspor, yuk merapat! Akun TikTok Julio memberikan pengalaman dan ilmunya mengenai bisnis ekspor. Konten yang ia unggah berbicara dari cara menjadi eksportir hingga masa depan bisnis ekspor itu sendiri. Terlebih lagi, Julio sangat interaktif dengan para pengikutnya. Ia sering membalas pertanyaan-pertanyaan yang ia dapat dari video yang telah diunggah. Seperti pengguna TikTok lainnya, Julio juga sering membagikan aktivitasnya. Hal tersebut bisa dijadikan motivasi untuk Sobat KH agar semakin semangat untuk berbisnis. Sedikit informasi tambahan, Julio merupakan founder dari Komunitas Bisa Ekspor, lho. Keren banget!
ADVERTISEMENT
5. @marcellaeteng (Marcella Eteng)
Marcella Eteng memberikan informasi mengenai pemasaran digital. Misalnya, hal-hal yang harus dilakukan sebelum endorse seorang influencer, belajar marketing dari merek ternama, cara menaikkan followers, atau jenis-jenis konten untuk medial sosial bisnis Sobat KH. Marcella juga menjual template desain untuk konten Instagram melalui situs web miliknya (https://marcellaeteng.com/). Template tersebut dapat digunakan untuk berbagai bisnis untuk menjual produknya. Dengan peran itu, bukan hal aneh jika akun TikTok Marcella memiliki 91,8ribu pengikut sampai sekarang.
Dari semua uraian di atas, masih ada hal yang tidak kalah penting dan jangan sampai terlewatkan, yaitu penuhilah legalitas bisnis Sobat KH. Legalitas bisnis merupakan kewajiban hukum yang tidak dapat dihindari. Jika Sobat KH menganggap hal tersebut memakan banyak waktu dan uang, justru legalitas membawa bisnis Sobat KH ke pasar dan kesempatan yang lebih besar. Apabila Sobat KH tidak sempat mengurusnya, ada Kontrak Hukum yang siap membantu. Dengan layanan terpercaya dan harga terjangkau, kami urus legalitas bisnis Sobat KH sampai tuntas!
ADVERTISEMENT