Pencarian populer

Membandingkan Drama Korea Boys Over Flowers dan Meteor Garden 2018

Meteor Garden 2018 dan Boys Over Flowers. (Foto: Wikimedia Commons, KBS.)

Belakangan ini, drama Korea populer, 'Boys Over Flowers' kembali menjadi perbincangan di kalangan netizen. Banyak penonton yang mengikuti drama Mandarin terbaru, 'Meteor Garden 2018', dan menjadi teringat dengan drama Korea itu.

'Meteor Garden 2018' adalah drama Mandarin yang diadaptasi dari komik Jepang terkenal, 'Hana Yori Dango'. Tayangan ini merupakan versi terbaru dari serial 'Meteor Garden' yang pertama kali diadaptasi menjadi drama televisi Mandarin pada 2001 lalu.

Meski diadaptasi dari satu sumber yang sama, 'Meteor Garden 2018' dan 'Boys Over Flowers' memiliki banyak perbedaan. Dalam story ini, kumparanK-Pop membandingkan kedua tayangan tersebut. Kira-kira, apa saja yang berbeda?

1. Karakter dalam drama

F4 versi drama Korea populer, 'Boys Over Flowers'. (Foto: Wikimedia Commons)

Dalam drama Korea 'Boys Over Flowers', F4 diceritakan sebagai empat siswa terkaya SMA Shinhwa, sekolah bagi anak orang kaya di Korea Selatan. Anggota F4 terdiri dari Gu Jun Pyo, Yoon Ji Hoo, So Yi Jung, dan Song Woo Bin.

Keempat pemuda ini dikenal sering menindas siswa yang tidak mereka sukai. Keempatnya juga dikenal tidak memiliki prestasi apapun di sekolah. Bahkan, Gu Jun Pyo, leader dari F4, selalu menduduki posisi terbawah di kelasnya.

Suatu hari, mereka bertemu dengan Geum Jandi, seorang gadis yang orang tuanya bekerja sebagai tukang cuci pakaian. Berbeda dengan F4 yang berkuasa dan memiliki kekayaan, Jandi memiliki latar belakang yang sangat sederhana dan seolah tidak sesuai dengan orang-orang di sekolahnya. Satu-satunya teman Jandi hanyalah Chu Ga Eul, rekan kerja part time-nya. Saat di sekolah, ia sama sekali tidak memiliki teman karena adanya perasaan tidak nyaman berteman dengan orang-orang yang lebih kaya darinya.

F4 dari drama Mandarin 'Meteor Garden 2018'. (Foto: Wikimedia Commons)

Latar karakter ini berbeda dengan yang ditampilkan dalam 'Meteor Garden 2018'. Dalam drama Mandarin itu, para pemeran digambarkan sebagai para mahasiswa Universitas Ming De. Berbeda dengan SMA Shinhwa yang seolah khusus untuk orang kaya, Universitas Ming De tdak memandang status di kalangan mahasiswanya.

Anggota F4 dalam serial ini juga diceritakan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Tak hanya dikenal kaya, mereka juga dikenal memiliki prestasi yang membuat kampusnya bangga. Bahkan, bagi sebagian mahasiswa kampus, anggota F4 merupakan aset unggul serta kebanggaan yang mereka miliki.

Dalam drama Mandarin ini, karakter Dong Shancai diceritakan sebagai mahasiswi jurusan gizi yang berasal dari keluarga sederhana. Berbeda dengan Geum Jandi yang memiliki seorang adik laki-laki, Dong Shancai justru anak tunggal yang tidak memiliki adik. Di kampus, ia memiliki dua orang sahabat yang selalu membantunya.

Selain itu, ia juga memiliki sahabat dari sekolah yang bernama Jiang Xiaoyou. Hampir mirip dengan Geum Jandi, Shancai dan Xiaoyou juga bekerja sebagai pekerja part time di sebuah cafe.

2. Jalan cerita

Dalam drama Korea 'Boys Over Flowers', Geum Jandi digambarkan sebagai seorang gadis yang awalnya bersekolah di SMA biasa. Namun, karena keberaniannya menyelamatkan siswa yang hendak bunuh diri, ia kemudian mendapat beasiswa penuh untuk bersekolah di SMA Shinhwa.

Ia kemudian berurusan dengan F4 setelah temannya tak sengaja menjatuhkan es krim di sepatu Gu Jun Pyo. Berbeda dari siswa lainnya, Jandi berani menantang F4. Karena kesal, F4 kemudian mengeluarkan kartu peringatan terhadap Jandi. Sebagai hasilnya, semua siswa di SMA Shinhwa bisa menindas dan mengerjai Jandi.

Akan tetapi, Jandi tidak menyerah. Ia terus bertahan meski terus ditindas. Bahkan dengan beraninya menendang Gu Jun Pyo karena dia merasa gusar terhadap laki-laki itu.

Jalan cerita ini jauh berbeda dengan yang disajikan dalam 'Meteor Garden 2018'. Shancai di 'Meteor Garden 2018' bertemu dengan F4 saat dia terjatuh di kerumunan orang dan handphone-nya rusak terinjak oleh Dao Ming Si.

Saat Shancai ingin meminta pertanggungjawaban Dao Ming Si, lelaki itu malah membuat kesal Shancai. Gadis itu pun akhirnya meluapkan amarahnya dan menendang Dao Ming Si.

Dari sini, jalan cerita kedua drama itu semakin berbeda. Jika Gu Jun Pyo kemudian menindas Jandi, Dao Ming Si justru menantang Shancai untuk melawannya bermain kartu remi. Saat Shancai kalah, Dao Ming Si meminta Shancai untuk membelikan makanan baginya. Sejak saat itu, Dao Ming Si mulai mengusik gadis itu.

Selain itu, jumlah 49 episode, 'Meteor Garden 2018' sempat menghadirkan kehidupan percintaaan keempat anggota F4. Hal ini berbeda dengan 'Boys Over Flowers yang sebagian besar ceritannya hanya fokus pada kisah Gu Jun Pyo dan Geum Jandi.

3. Keluarga Shancai dan Jandi

Karakter Geum Jandi dari drama Korea 'Boys Over Flowers'. (Foto: sidomi.com)

Keluarga Jandi dalam drama Korea 'Boys Over Flowers' digambarkan mengalami masalah keuangan setelah hubungan Jandi dan Junpyo terbongkar. Pada suatu kesempatan, ibu Jandi melempari ibu Junpyo dengan beras. Berbagai masalah pun mereka alami, mulai dari ayah Jandi yang ditipu orang, usaha laundry keluarga yang bangkrut, hingga mereka yang diusir dari kontrakan.

Setelah mengalami masalah ini, Jandi sempat bekerja menjadi pegawai kebersihan untuk gedung yang dimiliki oleh Yoon Ji Hoo. Bukan hanya itu, Jandi juga harus bekerja keras untuk membiayai hidupnya dan adiknya ketika kedua orang tuanya memilih untuk tinggal di kampung dan menjadi nelayan.

Dong Shancai dari drama 'Meteor Garden 2018'. (Foto: Instagram/@shenyue.27)

Berbanding terbalik dengan kehidupan Jandi, keluarga Shancai di 'Meteor Garden 2018' tidak terlalu sengsara setelah ibu Dao Ming Si mengetahui hubungan Jandi dan Junpyo. Setelah ibu Shancai mengguyur ibu Dao Ming Si dengan tepung sekalipun, keadaan keluarga mereka tetap baik-baik saja. Kedua orang tuanya justru meraih kesuksesan karena cumi bakar yang mereka jual laris terjual.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20