kumparan
2 Juni 2018 8:12

Tips Merawat Wajah Agar Tampil Segar Selama Puasa

Pada bulan suci Ramadhan ini setiap umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Berpuasa seharian penuh ditambah dengan aktivitas sehari-hari kita yang padat seperti kuliah, bertemu klien, rapat di kantor, bahkan mengantar anak ke sekolah membuat badan kita letih. Apabila badan kita letih pastilah akan mempengaruhi penampilan kita. Nah buat kamu yang gak pengen mengalami masalah ini, wajib banget coba beberapa tips berikut ini. So, jangan jadikan puasamu sebagai alasan untuk terlihat tidak energik ya girls. Selamat mencoba.
ADVERTISEMENT
1. Gunakan Pelembab Wajah
Mencegah dehidrasi pada kulit selama berpuasa sangatlah mudah. Kamu cukup mengaplikasikan pelembap wajah di pagi hari dan di siang hari. Menggunakan pelembap wajah sebelum keluar rumah akan membantumu menjaga kelembapan alami pada kulit. Selain itu, pelembap wajah juga bisa memaksimalkan kinerja dan fungsi kolagen dalam menjaga kehalusan dan kesegaran kulit.
2. Gunakan Tabir Surya
Terpaan sinar matahari dapat membuat kulit wajah memerah dan meninggalkan flek hitam. Maka dari itu dengan rajin menggunakan tabir surya yang mengandung SPF dan PA akan membantu melindungi wajah kamu seharian.
3. Minimalkan Penggunaan Make Up
Selama berpuasa, pastikan kamu hanya menggunakan make up di saat-saat tertentu saja agar kulit tetap bisa bernapas dengan baik. Selain itu, hindarilah menggunakan jenis make up yang dapat menyebabkan kulitmu menjadi cepat kering. Pilihlah warna-warna yang natural dan tidak terlalu mencolok agar wajah selalu terlihat berseri dan segar meskipun sedang berpuasa.
4. Gunakan Face Mist atau Face Spray
ADVERTISEMENT
Siapkanlah face mist atau yang berbentuk spray di dalam tasmu. Face mist/ face sprayyang kamu bawa ternyata mengandung air mineral yang bisa membantu mengatasi masalah wajah yang mulai terasa kering atau tidak segar lagi. Kamu bisa semprotkan secukupnya pada bagian wajah yang mulai terasa kering atau tidak segar dan biarkan saja mengering dengan sendirinya agar air mineral bisa terserap maksimal.
5. Gunakan Masker Wajar di Malam Hari
Jika kamu sedang memiliki waktu luang di rumah, kamu bisa membuat masker wajah alami dan menggunakannya sambil menunggu waktu berbuka puasa. Masker wajah alami yang kamu gunakan dapat membantu menjaga elastisitas agar kulit selalu terlihat kencang. Pilihlah masker yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu, atau kamu bisa memilih bahan masker yang mampu menggantikan kadar air pada kulit yang hilang selama berpuasa.
6. Konsumsi Air Putih Saat Sahur dan Berbuka
ADVERTISEMENT
Hal ini merupakan hal yang sangat penting dan utama dalam menjaga kulit agar tetap sehat dan segar karena biar bagaimanapun kesegaran kulit dan tubuh mudah diperoleh dari jumlah air putih yang kamu konsumsi. Minumlah setidaknya 10 gelas perhari dalam jangka waktu selama berbuka puasa sampai tiba waktu sahur. Kamu juga bisa menambah asupan cairan dari makanan berkuah, buah-buahan, atau sayuran. Kurangilah konsumsi teh dan kopi selama berpuasa karena kafein yang terdapat di dalam teh atau kopi hanya akan membuat cairan tubuh cepat berkurang.
7. Konsumsi Buah
Pilih buah dengan kandungan air yang banyak. Karena tubuh kamu akan membutuhkan asupan cairan saat siang hari, maka perbanyak buah saat berbuka dan sahur. Selain menutrisi kulit, buah akan memenuhi kebutuhan air dalam tubuhmu.
8. Keramas Secara Teratur
ADVERTISEMENT
Tidak hanya wajib rajin mencuci wajah, kamu juga harus rajin mencuci rambut. Wajah yang fresh bisa diperoleh dari rambut yang bersih. Rambut yang berminyak akan membuat kamu terlihat kusam. Pastikan kamu keramas dua hari sekali. Jangan lupa lengkapi dengan konditioner agar rambutmu terasa lebih lembut.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan