Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 7

Mahasiswa - Universitas Negeri Malang
Konten dari Pengguna
15 November 2022 17:17
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Carolina Shofia Rachmawati tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Pelaksanaan kegiatan Lokakarya Orientasi Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) telah sampai di Angkatan 7. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Besar guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Timur ini dilaksanakan secara luring atau tatap muka pada Minggu, 23 Oktober 2022 di 33 Kota dan Kabupaten wilayah mitra seluruh Provinsi Jawa Timur. Adapun wilayah mitra BBGP Provinsi Jawa Timur untuk kegiatan Lokakarya PGP Angkatan 7, yaitu (1) Kab. Bangkalan; (2) Kab. Banyuwangi; (3) Kab. Blitar; (4) Kab. Bojonegoro (5) Kab. Bondowoso; (6) Kab. Gresik; (7) Kab. Jember; (8) Kab. Jombang; (9) Kab. Kediri; (10) Kab. Lamongan; (11) Kab. Lumajang; (12) Kab. Magetan; (13) Kab. Malang; (14) Kab. Mojokerto; (15) Kab. Nganjuk; (16) Kab. Ngawi; (17) Kab. Pacitan; (18) Kab. Pamekasan; (19) Kab. Pasuruan; (20) Kab. Ponorogo; (21) Kab. Probolinggo; (22) Kab. Sampang; (23) Kab. Sidoarjo; (24) Kab. Situbondo; (25) Kab. Sumenep; (26) Kab. Trenggalek; (27) Kab. Tuban; (28) Kab. Tulungagung; (29) Kota Kediri; (30) Kota Malang; (31) Kota Mojokerto; (32) Kota Pasuruan; dan (33) Kota Surabaya.
ADVERTISEMENT
Pemahaman yang hendak dicapai sekaligus menjadi highlight pada Lokakarya Orientasi PGP Angkatan 7 adalah "proses belajar di Pendidikan Guru Penggerak (PGP) merupakan perjalanan pengembangan kompetensi dan dilakukan dengan melibatkan ekosistem sekolah”. Kegiatan yang dihadiri oleh para Calon Guru Penggerak (CGP) yang telah terpilih, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan perwakilan Dinas Pendidikan dari setiap Kabupaten/Kota yang ada ini, diawali dengan pembukaan yakni sambutan dari perwakilan dinas pendidikan wilayah mitra masing-masing, dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan di dalam kelas seperti fun games, rencana pengembangan diri, pengenalan portofolio digital, refleksi, serta penutupan.

Kolaboratif, Mahasiswa UM ambil Peran dibalik Pelaksanaannya!

Tak hanya itu, BBGP Provinsi Jawa Timur juga melibatkan mahasiswa KPL sebagai panitia pelaksana Lokakarya ini dibeberapa titik yang sudah ditentukan. 7 Mahasiswa dari Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Malang dilibatkan dalam berbagai macam tugas seperti menjadi admin keuangan yang bertanggung jawab pada segala administrasi keuangan kegiatan, panitia maupun peserta sampai tuntas. Operator bertugas untuk merekap data-data kelengkapan pelaksanaan kegiatan loka dan menginputnya pada aplikasi Sistem Aplikasi Pelatihan / SiAPel milik BBGP Jatim.
ADVERTISEMENT
Secara eksplisit, mahasiswa terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan baik dari persiapan, pelaksanaan, hingga pasca kegiatan. Lebih dari itu, mahasiswa mendapatkan kesempatan dan ruang untuk dapat mengimplementasikan teori yang selama ini sudah dipelajari di bangku kuliah khusunya dalam bidang pendidikan dan pelatihan yang merupakan salah satu bidang fokus dalam keilmuan Pendidikan Luar Sekolah (PLS).
Kegiatan Lokakarya bagi Calon Guru Penggerak tidak hanya sebatas pada Lokakarya Orientasi saja, setelahnya akan dilaksanakan Lokakarya ke 1, 2, 3 hingga ke-7 yang merupakan puncak dari kegiatan Lokakarya pada setiap Angkatan. Akhir dari kegiatan Lokakarya Orientasi ini Calon Guru Penggerak (CGP) diharapkan dapat menyampaikan berbagai harapan dan keresahan pada saat program berlangsung, mampu mengidentifikasi tantangan yang akan dihadapi serta dukungan yang bisa didapatkan, serta mampu membagikan dan menulis rencana pengembangan dan kompetensi diri.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020