Penggalangan Dana untuk Pesawat R80 Capai Rp 2,6 Miliar

17 Oktober 2017 18:18 WIB
clock
Diperbarui 14 Maret 2019 21:14 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Penggalangan Dana Prototype Pesawat R80 (Foto: Kelik Wahyu/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Penggalangan Dana Prototype Pesawat R80 (Foto: Kelik Wahyu/kumparan)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Crowdfunding (penggalangan dana) untuk Pesawat R80 yang digagas oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI) mencapai milestone baru. Hingga Kamis (12/10) pukul 14.00 WIB, telah terkumpul dana Rp 2,645 miliar dari 7.063 orang donatur. Pencapaian ini sekaligus menjadi rekor terbaru crowdfunding non sosial di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Dana yang disumbangkan donatur bermacam-macam mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 500 juta. Berbagai komentar semangat dan harapan dari para donatur terpampang di laman Kitabisa.com/pesawatr80.
"Sukses terus R80 sebagai Jagoan Baru nya Industri Dirgantara RI.. Menuju Indonesia Maju!" tutur salah seorang donatur, Inggrid Christine Wennysia.
Secara resmi RAI menjalin hubungan kerja sama dengan Kitabisa.com, sehingga publik bisa ikut menjadi bagian dan mendukung pengembangan program pesawat R80. Keterlibatan publik dalam crowdfunding selain untuk membantu kegiatan preliminary design Pesawat R80, juga merupakan bentuk kampanye agar masyarakat luas mengetahui upaya pembangunan industri dirgantara nasional.
"Harapan kita bersama, setiap dukungan dari Masyarakat Indonesia akan menaikkan kemungkinan R80 untuk mendapat investasi dan dukungan pemerintah," kata Marketing Manager Kitabisa,com, Siti Desiree, dalam keterangan tertulis, Selasa (17/10).
Pesawat R80. (Foto: regio-aviasi.co.id)
zoom-in-whitePerbesar
Pesawat R80. (Foto: regio-aviasi.co.id)
Rencananya, prototype R80 akan diujiterbangkan pada tahun 2022. Setelah melewati proses sertifikasi, R80 akan diproduksi secara massal pada tahun 2025. Dukungan publik sangat dibutuhkan, sehingga baseline master plan pengembangan R80 dapat berjalan sesuai dengan rencana.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, sebagai bagian dari kampanye penggalangan dana proyek pesawat R80, PT RAI dan Kitabisa.com mengajak para public figure dan buzzer. Nama yang terlibat antara lain Andien Aisyah, Ippho Santosa, Nadine Chandrawinata, Melanie Subono, Andovi Da Lopez, Fathia Izzati, Kemal Pahlevi, dan lain-lain.