News26 September 2017 18:30

PLN Mau Bikin PLTS Terapung dan PLTB 'Raksasa' di Jawa Barat

Konten Redaksi kumparan
PLN Mau Bikin PLTS Terapung dan PLTB 'Raksasa' di Jawa Barat (478234)
PLTS di Desa Amdui, Raja Ampat (Foto: Muhammad Iqbal/kumparan)
PT PLN (Persero) dan perusahaan pengembang energi terbarukan asal Uni Emirat Arab (UEA), Masdar, sedang menyelesaikan kajian untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung alias floating PV power plant di Waduk Cirata, Purwakarta, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
PLTS dibuat terapung di atas waduk agar biaya investasinya murah, tak perlu pembebasan lahan. Rencananya total kapasitas PLTS terapung yang dibangun mencapai 200 Megawatt (MW), butuh lahan seluas 200 Hektar (Ha).
"2019 kita akan fokus di energi baru terbarukan, di Jawa Khususnya. Kan sudah murah ya, kita pingin di Cirata 200 MW PLTS," kata Sofyan saat ditemui di Hotel JW Marriot, Jakarta, Selasa (26/9).
Pembangkit tenaga matahari ini akan dibangun secara bertahap sembari mengembangkan industri komponen PLTS di dalam negeri. Jadi nantinya komponen PLTS tak seluruhnya impor.
Selain itu, PLN juga berencana untuk membangun pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) berkapasitas 150 MW di Sukabumi, Jawa Barat. "Mau bikin pembangkit tenaga angin di Sukabumi Selatan 150 MW," ungkapnya.
PLN Mau Bikin PLTS Terapung dan PLTB 'Raksasa' di Jawa Barat (478235)
Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (Foto: Pixabay)
Bila terealisasi, PLTB tersebut bakal menjadi yang terbesar di Indonesia, lebih besar dari PLTB Sidrap 70 MW yang akan selesai dibangun akhir tahun ini.
ADVERTISEMENT
Pihaknya akan terus berupaya melakukan percepatan agar EBT dapat mencapai target 23% dalam bauran energi nasional tahun 2025. "Kita terus berkembang, tidak kita tahan sampai kita dapat 23% di 2025," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white