Buzz
·
12 September 2021 13:34
·
waktu baca 3 menit

Hubungan Cyberbullying dengan Jejaring Sosial

Konten ini diproduksi oleh Michelle Adira
Hubungan Cyberbullying dengan Jejaring Sosial (12530)
searchPerbesar
Photo Credit: Pixabay
Teknologi memudahkan kita untuk berinteraksi sosial layaknya sosial media. Sayangnya tidak semua pengguna internet bijak dalam menggunakan sosial media, hal ini menyebabkan sosial media menjadi wadah untuk terjadinya cyberbullying.
ADVERTISEMENT
Cyberbullying merupakan tindakan bullying dengan menggunakan teknologi digital yang bertujuan untuk menakuti atau mempermalukan seseorang. Cyberbullying memiliki pengaruh yang lebih besar dibanding bullying di mana cyberbullying menyangkut kesehatan mental dan memilik efek yang lebih tahan lama dibandingkan dengan bullying lainnya. Di Indonesia sendiri, sering terjadi cyberbullying karena kurangnya etika dan sopan santun dalam bersosial media. Berdasarkan laporan Digital Civility Index (DCI) yang dibuat oleh Microsoft, Indonesia menjadi negara dengan tingkat kesopanan terendah di Asia tenggara.
Dibalik perlakuan cyberbullying pasti terdapat alasan yang kuat yang menyebabkan mereka melakukan hal tersebut. Salah satu faktor pendorong cyberbullying adalah untuk mengatasi rasa bosan yang mereka hadapi tanpa menyadari konsekuensi dari perlakukan yang mereka buat. Cyberbullying menjadi lebih menarik dibandingkan bullying karena dapat dilakukan tanpa diketahui identitas aslinya.
ADVERTISEMENT
Tidak semua pelaku cyberbullying merasa bersalah karena menurut mereka korban sasarannya memang pantas mendapatkan perlakukan tersebut. Semakin banyaknya kejadian cyberbullying juga dapat menyebabkan pelaku cyberbullying merupakan hal yang wajar dilakukan karena mereka tidak melihat rasa sakit yang mereka sebabkan.
Cyberbullying tak hanya terjadi kepada orang terkenal yang aktif di media sosial saja tetapi juga bisa menyerang siapa pun. Faktanya, seorang publik figur akan lebih menyita perhatian orang – orang ketika menjadi korban cyberbullying dibandingkan orang di sekitar kita.
Seorang publik figur akan membangun kedekatan dengan masyarakat yang kemudian membuat masyarakat dengan mudah memberikan pujian, kritikan bahkan melakukan cyberbullying. Salah satu kasus cyberbullying yang sedang hangat dibicarakan dialami oleh selebgram Rachel Vennya melalui situs forum diskusi online. Dalam kasus ini, pelaku perundungannya adalah dari orang yang ia tidak kenal hingga orang – orang terdekatnya pun ikut melakukan perundungan. Cyberbullying membawa pengaruh buruk terhadap kesehatan mentalnya karena tak hanya kehidupan Rachel tetapi anaknya juga menjadi bahan perundungan.
ADVERTISEMENT
Melalui kasus tersebut, dapat kita lihat bahwa cyberbullying membawa beberapa dampak yang sangat berbahaya bagi psikologis korban. Terdapat beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi tindakan cyberbullying. Pertama – tama, jika kita adalah korban perundungan jangan ragu untuk melaporkannya. Tindakan selanjutnya kita dapat memanfaatkan fitur di media sosial yang dapat membuat pengguna sosial media lebih aman.
Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa media sosial memiliki peran penting dalam cyberbullying di mana media sosial menjadi wadah seseorang untuk melakukan perundungan tanpa diketahui. Melalui kasus cyberbullying di atas dapat dijadikan sebuah pembelajaran tentang pengaruh media sosial dalam cyberbullying dan bagaimana dampak yang dirasakan korban. Bagi korban, cyberbullying sangat mempengaruhi kondisi psikologisnya di mana apabila cyberbullying terjadi pada anak – anak yang mentalnya kurang kuat akan berakibat fatal. Kita juga perlu berhati – hati dalam menggunakan sosial media karena jika kita melakukan perundungan kepada orang lain berarti kita telah merusak kondisi psikologis seseorang.
ADVERTISEMENT
DAFTAR PUSTAKA
Ikhsan, M. (2021, Februari 25). Riset : Netizen di Indonesia Paling Tak Sopan se-Asia Tenggara. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210225115954-185-610735/riset-netizen-di-indonesia-paling-tak-sopan-se-asia-tenggara
Tashandra, Nabilla. (2020, Februari 11). 4 Cara Mencegah Jadi Korban Bullying di Medsos. Kompas. https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/11/172449320/4-cara-mencegah-jadi-korban-bullying-di-medsos?page=all
Selebritas, Berita. (2021, September 9). Kekesalan Rachel Vennya Jadi Bahan Gunjingan di Forum Online, 3 Tahun Bungkam. https://kumparan.com/berita-selebritis/kekesalan-rachel-vennya-jadi-bahan-gunjingan-di-forum-online-3-tahun-bungkam-1wUks4Izqlm/full
Gordon Sherri. (2020, Juli 10). 8 Motives Behind Why Kids Cyberbully. https://www.verywellfamily.com/reasons-why-kids-cyberbully-others-460553
DSLA, Admin. (Juli 13). Cyberbullying: Pengertian, Dampak & Kasus Cyberbullying di Indonesia. https://www.dslalawfirm.com/cyberbullying/
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020