kumparan
KONTEN PENGGUNA
24 Juli 2019 13:08

Pentingnya Peran Ibu untuk Kesehatan Fisik dan Finansial Keluarga

Sebagai seorang ibu, kita wanita dituntut untuk bisa melakukan banyak hal, terkadang kita harus melakukannya secara bersamaan. Semua hal dalam keluarga pasti butuh tangan ibu, mulai dari urusan makan, pakaian, kebersihan, kesehatan dan bahkan keuangan. Dengan begitu banyaknya peran ibu dalam segala hal disetiap keluarga sepertinya ibu itu “Mom As The Guardian Of The Family”, slogan yang sangat cocok untuk menggambarkan kehebatan para ibu.
ADVERTISEMENT
Aku adalah seorang ibu yang kebingungan bagaimana cara untuk menjaga kesehatan fisik dan finansial keluarga? Apakah keluargaku sudah hidup sehat? Apakah keuangan keluargaku juga sehat?
1.png
Para Narasumber Acara Moms Mingle: MOM AS THE GUARDIAN OF THE FAMILY
Sabtu lalu (20/7) di Resto Cerita Rasa, KumparanMom bersama Sun Life mengadakan acara Moms Mingle: MOM AS THE GUARDIAN OF THE FAMILY dengan empat narasumber yang keren-keren yaitu:
  1. Shierly Ge - Chief Marketing Officer Sun Life
  2. Annissa Sagita (@nengnisye) - Financial Planner
  3. Kelly Tandiono (@kelly_tandiono) - Model dan Brand Ambassador Sun Life
  4. Kania Annisa Anggiani (@kekekania) - Mompreneur
Disinilah aku mendapatkan titik cerah untuk semua pertanyaanku.
2.png
Aku bersama Kelly Tandiono - Model dan Brand Ambassador Sun Life
Apakah Keluargaku Sudah Hidup Sehat?
Sebelum memastikan apakah keluarga kita sudah menerapkan hidup sehat. Kita sebagai ibu harus memastikan terlebih dahulu kesehatan diri sendiri. Menurut Kelly Tandiono, hidup sehat merupakan investasi jangka panjang yang akan mendukung banyaknya aktifitas ibu. Menerapkan hidup sehat dengan mengatur pola makan, mengurangi asupan garam, gula, mecin dan minyak. Kelly juga menambahkan hidup sehat juga dengan olahraga, mulai dengan yang ringan seperti membiasakan untuk selalu bergerak dan jalan kaki atau lari santai.
ADVERTISEMENT
Apakah Keuangan Keluargaku Juga Sehat?
Dalam sebuah keluarga, keuangan menjadi salah satu bagian terpenting yang harus direncanakan dan dikelola dengan baik. Kondisi keungan yang sehat dapat mempermudah kehidupan suatu keluarga.
3.png
Annissa Sagita - Financial Planner
Menurut seorang Financial Planner, Annissa Sagita (Nisye), Perencenaan keuangan dibagi menjadi tiga yaitu:
  • Saat Ini (cash flow, cicilan, asset yang dimiliki dan kekayaan penuh).
  • Masa Depan (sekolah anak, travelling keluarga, membeli rumah atau mobil dan pensiun atau jaminan hari tua).
  • Perlindungan (tabungan darurat dan asuransi).
Menurut Nisye, seperti halnya dengan kesehatan fisik, untuk mengetahui kesehatan keuangan kita perlu melakukan check up yang disebut dengan financial check up. Kondisi keuangan yang sehat terjadi apabila hasil check up adalah sebagai berikut:
  • Nilai total aset dikurangi dengan utang hasilnya positif.
  • Jumlah pemasukan lebih besar dai pengeluaran.
  • Cicilan perbulan maksimal 30% dari pemasukan.
  • Punya 3x pengeluaran bulanan di tabungan yang tidak diutak-atik.
  • Punya minimal asuransi kesehatan untuk seluruh anggota keluarga.
ADVERTISEMENT
Lalu, bagaimana jika hasil dari financial check up hasilnya kondisi keuangan kita sakit? Seperti halnya orang yang sedang sakit, harus disembuhkan dulu baru bisa menjalankan rencana tabungan, investasi dan asuransi lainnya. Dengan kata lain mencoba melunasi utang non profit, menekan semua pengeluaran dan berhenti untuk membuat cicilan sampai kondisi keaadan keuangan menjadi sehat kembali.
4.png
Shierly Ge - Chief Markeing Officer Sun Life
Jika Fisik dan Keuangan Sudah Sehat
Angka inflasi selalu bertambah disetiap tahunnya, sedangkan kemampuan kita menghasilkan uang cenderung tetap. Permasalahan ini membuat kita harus mengambil langkah supaya masa depan dan perlindungan kita nantinya terpenuhi, yaitu dengan investasi dan asuransi.
Shierly Ge menjelaskan Sun Life merupakan perusahaan merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk asuransi, serta solusi pengelolaan kekayaan dan aset, baik untuk individu maupun korporasi. Produk-produk proteksi keuangan Sun Life meliputi perlindungan terhadap jiwa, kesehatan, penyakit kritis, dan kecelakaan. Sementara untuk produk-produk asuransi yang terkait investasi, mencakup unit link, universal life, dan asuransi dwiguna. Produk-produk tersebut ditawarkan kepada nasabah melalui sejumlah jalur distribusi, yaitu keagenan (konvensional dan syariah) serta kemitraan dengan bank dan penyedia layanan telekomunikasi. Dengan kata lain, Sun Life siap membantu dan melayani nasabah untuk mencapai tujuan keuangan yang diimpikan.
5.png
#LiveHealthierLives #MomsMingle
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan