kumparan
17 Januari 2019 14:43

10 Year Challenge dan Dampak Positif dari Nostalgia

Milenial dan teknologi.
Kenangan masa muda (Foto: flickr/@StateFarm)
Setelah 'Falling Star Challenge', 'Bird Box Challenge', dan challenge lainnya dalam hidup, kini muncul lagi yang baru yaitu '10 Year Challenge'.
ADVERTISEMENT
Tantangan yang lagi viral ini mengharuskan kamu untuk mengunggah foto 10 tahun yang lalu, dengan foto sekarang. Tujuannya, untuk memperlihatkan perubahan yang telah kamu alami, khususnya dari segi penampilan, selama 10 tahun ini.
Namun ternyata 10 Year Challenge bukan sekadar tantangan viral di internet saja. Menurut Hal McDonald, profesor bahasa di Mars Hill University, 10 Year Challenge memberikan dampak positif kepada orang-orang.
"Nostalgia memberikan keuntungan tersendiri bagi psikologis seseorang. Ketika kamu melihat kembali ke masa lalu, memorimu memicu satu bagian di otak yang membuatmu merasa senang," jelasnya, dilansir Thrive Global.
McDonald menambahkan, perasaan nostalgia tersebut bisa membawa seseorang kembali ke masa lalu, saat ia merasa lebih bahagia.
"Hal ini bisa mendorong seseorang untuk menjadi lebih positif ke depannya. Ingatlah kalau hal-hal positif di masa lalu bisa kembali terjadi di masa depan," kata dia.
ADVERTISEMENT
Enggak cuma berdampak positif untuk diri sendiri, dengan bernostalgia kamu juga bisa menjalin kembali hubungan dengan teman lama.
"Nostalgia bisa membuat kita merasa kesepian. Tapi daripada fokus kepada teman-teman yang sudah lama enggak kamu temui, lebih baik coba hubungi mereka lagi," saran McDonald.
Jadi, apakah kamu sudah ikut 10 Year Challenge?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan