Untitled Image

3 Finalis UMKM Kecantikan Terbaik di Local Brand Editor’s Choice 2021

14 Oktober 2021 19:15
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Brand kecantikan lokal semakin dikenal dan diincar oleh konsumen Tanah Air. Sebab kualitasnya bisa disandingkan dengan brand-brand besar mancanegara yang lebih dulu dikenal.
ADVERTISEMENT
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada triwulan I 2020, kinerja industri kimia, farmasi, dan obat tradisional yang meliputi sektor kosmetik tumbuh hingga 5,59 persen.
Sementara, berdasarkan data Kementerian Perindustrian, sektor kosmetik tumbuh signifikan pada 2020. terlihat dari kinerja industri kimia, farmasi, dan obat tradisional, yang mengalami pertumbuhan sampai 9,39 persen.
Tiga brand kecantikan lokal di bawah ini turut jadi idola. Ketiganya juga menjadi finalis di Local Brand Editor’s Choice Festival UMKM kumparan 2021. Simak profilnya, yuk!

SASC

3 Finalis UMKM Kecantikan Terbaik di Local Brand Editor’s Choice 2021 (28606)
searchPerbesar
SASC dok kumparan
Berdiri sejak 2017, SASC merupakan salah satu brand kecantikan yang muncul ketika brand kosmetik lokal mulai mencuri perhatian. Salah satu founder SASC, Priscilla Pangemanan atau yang lebih akrab disapa Lala, mengaku bahwa ia dan dua rekannya terinspirasi dari brand kecantikan luar negeri milik Kylie Jenner.
ADVERTISEMENT
Lala dan rekan bisnisnya ingin menghadirkan produk kosmetik dengan kualitas yang sama namun dibuat langsung di Indonesia, menggunakan bahan-bahan lokal.
Sesuai dengan singkatan dari namanya juga, yaitu Socially Aware Sexy Cosmetics, wujud branding dari SASC tidak sekadar memasarkan produk kosmetik. Mereka juga ingin perempuan yang memakai SASC sadar akan isu-isu yang sedang terjadi di sekeliling mereka.

Goban Cosmetics

3 Finalis UMKM Kecantikan Terbaik di Local Brand Editor’s Choice 2021 (28607)
searchPerbesar
Goban dok kumparan
Goban Cosmetics sendiri didirikan oleh Angel Chyntia dan Riady Kurniawan pada akhir 2016 silam. Sejak didirikan, Goban memiliki pesan khusus agar para perempuan merasa lebih percaya diri saat memakai makeup.
Ide untuk membuat bisnis di bidang kosmetik bermula ketika Angel yang memiliki passion di bidang makeup pulang dari luar negeri, setelah belajar sebagai seorang makeup artist. Angel sebelumnya pernah sekolah makeup di Korea Selatan dan juga Paris, Prancis. Dari sanalah, ia pun banyak belajar dan mendalami ilmu seputar makeup.
ADVERTISEMENT
Meski baru merilis 33 produk makeup, namun Goban mampu menjual produk hingga 7 hingga 8 ribu makeup per bulan, dengan range harga mulai dari Rp 99 hingga 130 ribu.

Secondate Beauty

3 Finalis UMKM Kecantikan Terbaik di Local Brand Editor’s Choice 2021 (28608)
searchPerbesar
Secondate dok kumparan
Titan Tyra percaya diri membangun Secondate di industri kecantikan Indonesia yang mulai menerima brand lokal. Kemunculan COVID-19 juga tak menyulutkan niatnya untuk meluncurkan produknya di awal pandemi.
Titan merasa membutuhkan rekan yang memiliki keahlian untuk menunjang bisnisnya, khususnya keuangan dan backend. Ini yang kemudian membuka jalan baginya bertemu teman masa kecilnya, Gitta Amelia.
Sejak awal berdiri, Secondate selalu berusaha agar dapat menjadi wadah untuk orang-orang berbagi cerita hidup mereka. Titan dan Gitta percaya bahwa kisah hidup pengguna adalah sumber kecantikannya.
ADVERTISEMENT

Local Brand Editor’s Choice Festival UMKM kumparan 2021

Local Brand Editor’s Choice 2021 merupakan bentuk dukungan kumparan kepada brand lokal, yang turut memajukan ekonomi serta memberdayakan masyarakat.
kumparan memberikan publikasi gratis senilai total Rp 1 milliar, yang diharapkan apresiasi ini bisa menjadi wadah publikasi bagi brand lokal, sekaligus menginspirasi generasi muda agar berani menciptakan lapangan kerja dan mau berkontribusi dalam perekonomian nasional.
3 Finalis UMKM Kecantikan Terbaik di Local Brand Editor’s Choice 2021 (28609)
searchPerbesar
3 Finalis UMKM Kecantikan Terbaik di Local Brand Editor’s Choice 2021 dok kumparan