Buzz
·
26 Januari 2019 12:24

3 Tips Berkarya Tanpa Batas untuk Anak Muda

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 Tips Berkarya Tanpa Batas untuk Anak Muda (689269)
searchPerbesar
‘Saya Memiliki Masalah. Apa yang Harus Saya Lakukan?’ (Foto: Thinkstock)
Sebagai anak muda, berkarya di bidang apapun kini enggak perlu mengenal batasan. Ingin jadi musisi, seniman, penulis, chef, fotografer atau yang lain, enggak ada yang melarang. Asal ada kemauan dan ide pasti bisa jalan.
ADVERTISEMENT
Namun, kadang ada saja penghalang untuk ikut berkarya, dari mulai ide mandek sampai pertimbangan suatu ide enggak layak eksekusi. Para profesional dan kurator di Go Ahead Challenge 2018 pun berbagi tips buat anak muda agar berani berkarya tanpa batas. Apa saja?
1. Cari inspirasi ide sambil ngopi
3 Tips Berkarya Tanpa Batas untuk Anak Muda (689270)
searchPerbesar
com-Ilustrasi Nongkrong (Foto: Shutterstock)
Widi Puradiredja, penggebuk drum dan salah satu pentolan band Maliq & D’essential, mengungkap bahwa dirinya kadang menemukan ide liar untuk menggarap lagu saat enggak sedang berada di studio. Kadang ide muncul ketika dirinya sedang nongkrong bersama teman-teman atau ngopi di suatu kafe.
“Soalnya kalau di studio kadang kita sudah membahas hal teknis, gitu. Jadi sudah fokus ke satu hal,” kata Widi saat konferensi pers Creative Academy, Go Ahead Challenge 2018 di Panhead, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. Karya Widi yang terkenal salah satunya ada dalam penulisan lagu berjudul "Pilihanku".
ADVERTISEMENT
Maka dari itu sering-sering nongkrong kalau ingin banyak ide, guys!
2. Jangan kebanyakan mikir
3 Tips Berkarya Tanpa Batas untuk Anak Muda (689271)
searchPerbesar
Berpikir Kritis (Foto: Unsplash)
Sebagai seorang chef profesional jebolan ajang Master Chef Indonesia putaran ketiga, William Ghozali mengimbau agar anak muda enggak perlu banyak mikir saat akan membikin karya. Menurutnya, sesiap apapun suatu ide, tetap aja pasti ada masalah yang harus diatasi juga nantinya.
“Bukan lakuin dulu tanpa ada pemikiran, cuma mikirnya enggak usah terlalu lama. Mikir yang segala macam, kalau persiapan oke, langsung eksekusi. Kalau ada salah, ada apa, ada penyesuaian, ada perbaikan pasti. Jangan kebanyakan mikir, lakuin!” ujar William yang sempat sekolah kuliner di Le Cordon Bleu, Australia.
William sendiri kini menjadi spesialis untuk masakan-masakan hot kitchen. Sebelumnya dia pun bahkan enggak terpikir untuk menjadi seorang chef seperti sekarang.
ADVERTISEMENT
3. Ada usaha mewujudkan idemu
3 Tips Berkarya Tanpa Batas untuk Anak Muda (689272)
searchPerbesar
Ilustrasi Penonton Konser (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Setiap ide yang kamu miliki memang sangat berharga bagi karya-karya yang akan diwujudkan. Tapi kalau enggak ada usaha sama sekali untuk mewujudkan ide tersebut, ya, percuma. Seperti kata Widi yang menyarankan kamu buat manggung kecil-kecilan dulu saat ingin jadi musisi.
“Minimal kalau lo pengin jadi musisi, lo udah pernah belum manggung di acara sunatan orang? Lo udah pernah belum manggung di arisan teman? Itu usaha minimal lo udah coba menyampaikan ide lo, sehingga akhirnya lo belajar,” terang Widi.
Dia menambahkan, “Jadi kalau lo punya ide ini, ide itu, enggak bisa (terwujud) kalau enggak dicoba.”