Buzz
·
17 Februari 2021 13:01

4 Alasan Musisi Lokal Manfaatkan Platform Streaming untuk Terkenal

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Alasan Musisi Lokal Manfaatkan Platform Streaming untuk Terkenal (93111)
Sal Priadi dan Baskara Putra. Foto: Instagram/@__________saldi dan @wordfangs
Dewasa ini, kualitas musisi lokal tak bisa diragukan lagi. Buktinya, semakin banyak band-band baru asal luar kota Jakarta yang digemari masyarakat.
Salah satu daya tarik yang membuat musisi lokal digemari adalah lagunya didominasi oleh isu-isu yang berkembang di masyarakat, namun disampaikan dengan sangat ringan dan tanpa menggurui.
Kemampuan musisi lokal dalam mengangkat isu sosial di lingkungannya membuat karya yang dihasilkan antardaerah berbeda. Itu artinya, selain genre yang dihasilkan kian beragam, karya dari musisi lokal juga mampu saling menginspirasi dalam menghadirkan warna musik yang khas.
Beberapa musisi di bawah ini juga menyampaikan bahwa beberapa alasan mereka memanfaatkan platform musik untuk lebih dikenal.

1. Tidak perlu hijrah ke Jakarta

4 Alasan Musisi Lokal Manfaatkan Platform Streaming untuk Terkenal (93112)
Solois asal Medan, J. Alfredo. Foto: www.instagram.com/romanticechoes
Sebagai musisi, solois asal Medan, J. Alfredo alias Romantic Echoes ingin karyanya dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Itulah salah satu alasan yang membuat banyak musisi daerah ingin menyebrangi provinsi dan pulau —semata-mata untuk menyebarluaskan karya mereka.
Senada dengan J. Alfredo, grup band asal Makassar, Kapal Udara, juga beranggapan hal yang sama. Sebagai musisi yang besar dan terbentuk di Makassar, salah satu tantangan terbesar mereka adalah mengenalkan karyanya kepada para penikmat musik di daerah lain.
“Apalagi, di masa pandemi ini ruang gerak kami sangat terbatas, kami tidak bisa melakukan tur dan berkenalan langsung dengan pendengar di luar kota Makassar,” ujar Kapal Udara.
“Kehadiran platform streaming musik seperti JOOX telah membuka lebar peluang untuk karya kami dikenal oleh banyak penikmat musik dari mana pun dalam waktu yang lebih singkat. Kita tidak perlu lagi sampai harus hijrah ke Jakarta,” kata Jack, panggilan akrab J. Alfredo.

2. Menemukan lagu baru sesuai selera

Di sisi lain, grup musik rock asal Jakarta yang beranggotakan Baskara Putra, Adnan S.P, Dicky Renanda P, F. Fikriawan W, dan Adrianus Aristo H, .Feast mengatakan, lewat JOOX, para penikmat musik tidak hanya bisa mendengarkan lagu kesukaan mereka saja, tetapi juga menemukan lagu-lagu di luar preferensi musiknya. Hal tersebut dapat memperluas peluang karya musisi lokal untuk didengar oleh pengguna JOOX dari daerah manapun.
4 Alasan Musisi Lokal Manfaatkan Platform Streaming untuk Terkenal (93113)
Personil .Feast. Foto: Sun Eater
"Kehadiran platform streaming musik seperti JOOX memberikan kemudahan bagi para musisi untuk mempromosikan lagu dan menjangkau lebih banyak pendengar tanpa ada batasan. Lebih menariknya lagi, JOOX dilengkapi dengan fitur-fitur interaktif yang bukan hanya dapat dinikmati oleh pengguna, tapi juga para musisi,” ujar .Feast.

3. Menciptakan momen kebersamaan dengan penggemar

Ketika pandemi membuat banyak konser musik ditunda, Tasya Rosmala, musisi dangdut asal Jawa Timur menganggap bahwa JOOX menjadi harapan bagi musisi lokal untuk tetap mengenalkan karya terbaru mereka di tengah situasi yang serba terbatas. Apalagi dengan adanya fitur JOOX Live, Tasya tetap dapat berinteraksi dengan para penggemarnya dan menciptakan suasana konser di rumah.
"Aku melihat saat ini musik dangdut masih lebih banyak dinikmati secara offline seperti konser musik. Di saat kita tidak bisa mengadakan konser musik, aku bisa tetap menghibur penggemarku melalui konser musik virtual melalui JOOX. Melalui kolaborasi ini, aku berharap akan lebih banyak pecinta musik dangdut yang dapat mengakses lagu kami melalui JOOX," lanjutnya.
Sedikit berbeda dengan Tasya, fitur Comment membuat grup musik asal Bali, Nosstress dapat melihat langsung penilaian masyarakat atas karya mereka.
"Kalau fitur favorit kami adalah fitur Comment dan Karaoke. Fitur Comment ini sangat menarik, karena sebagai musisi kami bisa melihat masukan-masukan dan respon langsung mengenai karya kami, sehingga bisa selalu belajar untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Selain itu, yang lebih menariknya lagi, mereka juga bisa berkaraoke dengan lagu-lagu kami kapan saja,” pungkas Nosstress.

4. Pentingnya digitalisasi musik

4 Alasan Musisi Lokal Manfaatkan Platform Streaming untuk Terkenal (93116)
Rumah Jagoan Lokal JOOX. Foto: dok. JOOX Indonesia
"Digitalisasi musik penting agar katalog musik mulai dari judul, penyanyi, pencipta, tahun, label produksi, dan data penting lainnya dapat tersimpan rapi dan tidak mudah disalahgunakan. Dengan adanya kolaborasi bersama JOOX, kami juga ingin mengajak seluruh musisi untuk merapikan jejak digitalnya," saran Nosstress
Adanya digitalisasi musik juga dapat meningkatkan konsumsi para pengguna streaming musik terhadap lagu-lagu dari musisi lokal. Hal tersebut terbukti dari total konsumsi lagu Indonesia pada tahun 2020 di JOOX yang meroket 300 persen dibandingkan tahun 2016.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan JOOX