Entertainment
·
22 September 2020 13:36

4 Hal Penting yang Harus Kamu Siapkan di Usia Muda

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Hal Penting yang Harus Kamu Siapkan di Usia Muda (99024)
Persiapan penting saat usia muda. Foto: Shutterstock
Semakin bertambahnya umur, ujian dan tantangan hidup manunsia juga makin banyak. Ya, menjadi tua itu sudah pasti, tapi belum tentu dengan bertambahnya umur, seseorang sudah menjadi dewasa dan mandiri.
Rentang usia 21-40 tahun menjadi masa di mana kamu dapat merasakan banyak ujian dan tantangan dalam kehidupan. Tidak hanya soal percintaan dan pertemanan, di usia ini kamu juga akan menghadapi tantangan untuk bisa mandiri secara finansial. Apalagi bagi para first jobber yang kini yang sudah memiliki pekerjaan tetap. Kamu pasti sudah mulai merasakan pentingnya mandiri finansial agar keuangan tetap stabil di masa depan. Setuju, bukan?
Untuk bisa mandiri secara finansial memang tidak mudah. Dibutuhkan persiapan dan perencanaan keuangan agar stabil di masa depan. Bagaimana caranya? Simak tipsnya yuk!

Belajar Mengatur Keuangan

Tidak ada kata terlambat untuk mempelajari sesuatu, termasuk belajar mengatur keuangan. Saat kamu sudah mulai menerima gaji, penting untuk kamu bisa mengelola keuangan. Dengan mengatur keuangan seperti memisahkan pengeluaran dan pemasukan, kamu dapat meningkatkan cash flow serta dapat menyisihkan uang untuk menabung, hingga menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan mendesak.
Ya, kita memang bisa merencanakan, tetapi ekspektasi kerap tidak sesuai dengan harapan. Apalagi bila terjadi situasi darurat yang butuh dana besar, maka itu penting untuk belajar mengatur keuangan dari sekarang.

Mencoba Usaha Sampingan

Semakin bertambah umur, keperluan akan semakin banyak. Salah satu cara agar pengeluaran tidak membengkak, kamu bisa mengeksplorasi diri sembari melepas penat dan tetap produktif. Salah satunya dengan mencoba peluang usaha sampingan selain dari pekerjaan utama.
Kini sudah banyak anak muda yang mulai melakukan usaha sampingan untuk tambahan pendapatan bulanan. Ada banyak bisnis kecil-kecilan yang bisa kamu coba untuk tambahan penghasilan bulanan seperti jual beli pulsa atau kuota, minuman kekinian, souvenir, atau menjadi reseller.

Mempersiapkan Dana Pendidikan

Biaya pendidikan seakan tak mengenal kata berhenti, naik setiap 1-2 tahun. Jadi tak ada salahnya untuk menyiapkan dana pendidikan dari sekarang. Menyiapkan dana pendidikan dapat membuatmu melanjutkan kuliah ke jenjang S2 atau S3. Ya, ada banyak manfaat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, misalnya peluang untuk meningkatkan karir, memiliki kemampuan riset dan analisa yang baik, hingga kesempatan bekerja di luar negeri.
Menyiapkan dana pendidikan dari sekarang juga bisa digunakan untuk biaya pendidikan anak nanti meski belum menikah. Dengan jangka waktu yang panjang, kamu bisa mencicilnya sedikit demi sedikit.

Persiapan untuk Biaya Pernikahan

Tidak bisa dipungkiri bahwa tingginya biaya pernikahan seringkali jadi hambatan bagi para pasangan yang ingin melangkah ke jenjang pernikahan. Meski sudah merasa saling cocok dan siap untuk menikah, tak jarang faktor biaya membuat pasangan mengurungkan niatnya. Maka dari itu, perencanaan biaya pernikahan perlu disiapkan dari sekarang.
Caranya mudah, kamu hanya perlu memiliki pos anggaran khusus sebagai tabungan pernikahan. Terlebih lagi jika kamu belum tahu kapan akan menikah. Sementara biaya menikah terus naik setiap tahunnya.
Rencana memang bisa disusun sejak dini. Namun terkadang ekspektasi kerap melenceng dari kenyataan, apalagi bila terjadi situasi darurat yang memaksa kita untuk mengeluarkan biaya lebih yang tidak sedikit.
Meski begitu, jangan khawatir, kini ada Kredit BRIguna dari BANK BRI yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan kamu selama mengejar passion dan mewujudkan rencana yang sudah kamu list dari sekarang.
Dengan Kredit BRIguna, kamu akan mendapatkan fasilitas kredit tanpa agunan yang diberikan kepada pegawai aktif dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income (gaji) untuk keperluan produktif maupun konsumtif. Fasilitas kredit ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti merencanakan pendidikan, pernikahan, kesehatan, usaha sampingan, bahkan membeli perlengkapan untuk interior rumah.
Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengajukan Kredit BRIguna. Seperti mendapatkan suku bunga spesial, maksimal plafond kredit hingga Rp 1 miliar atau disesuaikan dengan gaji, serta prosesnya pun lebih mudah dan cepat karena pengajuannya dapat dilakukan kapan pun dimanapun melalui Aplikasi BRISPOT.
Jadi dengan satu kali klik melalui smartphone, Anda sudah bisa mengajukan pinjaman Kredit BRIguna tanpa perlu pergi ke kantor cabang BANK BRI. Tidak hanya untuk pengajuan saja, aplikasi ini juga berguna untuk memudahkan nasabah melakukan tracking pengajuan hingga persetujuan pinjaman. Tunggu apa lagi? Segera ajukan Kredit BRIguna melalui aplikasi BRISPOT.
Aplikasi BRISPOT bisa diunduh di BRImo atau melalui link di sini, lalu registrasi dan ajukan Kredit BRIguna melalui BRISPOT. Untuk informasi lebih lanjut, Anda juga dapat menghubungi di Contact BRI 14017 atau 1500017.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan BANK BRI