kumparan
18 September 2018 10:19

4 Jurusan Kuliah yang Dicari dalam Seleksi CPNS 2018

PNS Telat gajian
Sejumlah PNS di Aceh Utara sedang berbincang (Foto: Rahmad/Antara)
Pemerintah telah mengumumkan dibukanya lowongan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) 2018 dengan total sebanyak 238.015 formasi. Dari ratusan ribu lowongan yang dibuka tersebut, ada empat jurusan kuliah yang paling dicari di seleksi CPNS 2018.
ADVERTISEMENT
"Proporsi terbesar formasi CPNS tahun ini adalah untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis yang saat ini masih kurang. Antara lain tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, serta tenaga yang memiliki kualifikasi teknik di bidang infrastruktur sesuai dengan program Nawacita," jelas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin.
Dari tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan yang disebutkan, mahasiswa lulusan keempat jurusan kuliah ini mendapat peluang terbesar dalam CPNS 2018. Apa saja, ya, jurusan kuliahnya?
1. Pendidikan guru
Ilustrasi Guru sedang Mengajar
Seorang guru sedang mengajarkan muridnya. (Foto: http://kemdikbud.go.id/)
Untuk CPNS 2018 ini, terdapat sebanyak 88 ribu formasi yang terbuka bagi guru kelas dan mata pelajaran di Indonesia. Bagi kamu yang merupakan lulusan jurusan kuliah Pendidikan Guru, seperti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, ini menjadi kesempatanmu untuk menjadi seorang PNS.
ADVERTISEMENT
2. Pendidikan guru agama
Anak Sekolah dan Guru
Murid-murid dan guru mereka. (Foto: indonesiamengajar.org)
Untuk para lulusan jurusan kuliah Pendidikan Agama, baik Islam, Kristen, Katolik, Hindu, atau Buddha, kamu juga berkesempatan ikut dalam seleksi CPNS 2018, loh. Sebab, tahun ini pemerintah membuka lowongan sebanyak 8 ribu formasi bagi para guru agama.
3. Kedokteran
Perawatan 1
Ilsutrasi pasien dan dokter (Foto: Thinkstock)
Sebagai lulusan jurusan kuliah Kedokteran, prospek kariermu enggak hanya membuka praktek sendiri atau bekerja di rumah sakit swasta, kok. Kamu juga berkesempatan untuk menjadi PNS. Apalagi pada CPNS 2018 ini, pemerintah membuka lowongan sebanyak 60.315 formasi bagi dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis, sampai tenaga medis atau paramedis.
4. Teknik
Teknisi melakukan perawatan BTS Telkomsel
Teknisi melakukan perawatan BTS Telkomsel. (Foto: NTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra)
Dalam rangka mewujudkan program Nawacita seperti yang dipaparkan Syafruddin, di CPNS 2018 ini pemerintah juga membuka lowongan bagi para tenaga teknis di bidang infrastruktur. Enggak tanggung-tanggung, pemerintah menyediakan hingga 30.429 formasi bagi para mahasiswa lulusan jurusan kuliah Teknik.
ADVERTISEMENT
Nah, bagi kamu yang tertarik untuk ikut serta dalam CPNS 2018 ini, kamu bisa akses portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) yang beralamatkan sscn.bkn.go.id. Selamat mencoba!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan