kumparan
26 Desember 2018 14:47

4 Meme yang Sempat Populer Tahun 2018

Meme Is this a Pigeon?
Meme 'Is this a Pigeon?'. (Foto: Know Your Meme)
Enggak cuma panggung politik saja yang panas, tahun 2018 ini juga bisa dibilang sebagai lahan subur bagi kemunculan meme yang fenomenal dan ramai dibicarakan warganet. Bagaimana enggak? Di setiap postingan media sosial, kita bisa dengan mudah melihat banyaknya meme bertebaran.
ADVERTISEMENT
Nah, di antara banyaknya meme yang meramaikan jagad maya, berikut kumparan rangkum beberapa meme yang sempat populer tahun ini. Apa saja, ya?
1. Is this a Pigeon?
Meme yang menggunakan polosan gambar sebelum diedit menjadi meme dari anime ‘The Brave Fighter of Sun Fighbird’ ini, sebenarnya sudah populer sejak 2011 di Tumblr. Namun, meme ini populer kembali pada April lalu di Twitter saat seorang netizen mencuitnya dengan dibubuhi tulisan plesetan.
Meme ini umumnya menggambarkan bagaimana suatu hal telah menjadi objek kesalahpahaman, prasangka, atau stereotip orang-orang secara umum.
Stereotip yang digambarkan dalam meme ini jadi lucu karena sudah jelas-jelas bahwa yang ditunjuk sang tokoh anime tersebut adalah kupu-kupu. Namun, dalam subtitle, tokoh itu malah seolah-olah salah paham mengira kupu-kupu tersebut adalah burung merpati (pigeon).
ADVERTISEMENT
2. BM 2808 AE
Seorang mahasiswa Universitas Riau bernama Danny Nur Ihram kehilangan motor Beat-nya berplat BM 2808 AE. Saking kesal karena kehilangan motor, dia sempat mengungkapkan kekesalannya di media sosial Facebook pada akhir Oktober lalu. Tapi, bukannya menuai simpati, sebagian netizen malah merespons kekesalan Danny dengan meme.
Tak mau ambil pusing, dia malah mengikuti jejak netizen dengan membuat postingan tentang meme serupa yang lantas viral di Facebook. Akhirnya, netizen lain ramai-ramai membuatkannya meme tentang “Beat hitam BM 2808 AE” yang di-tag ke akun media sosial Danny.
Berkat meme tersebut, banyak netizen yang terhibur dan iba terhadap Danny. Momentum ini pun dimanfaatkan Danny untuk membuka penggalangan dana agar dia bisa membeli motor kembali di Kitabisa. Enggak disangka, banyak netizen yang menyumbang hingga kini Danny bisa membeli motor lagi.
ADVERTISEMENT
3. Tidak semudah itu, Ferguso!
Meme ferguso
Meme ‘tidak semudah itu Ferguso’ yang menggunakan tokoh kucing Tom dalam kartun Tom and Jerry di episode berjudul Of Feline Bondage (1965) (Foto: YouTube)
Meme yang satu ini mungkin jadi meme paling berkesan di hati netizen pada 2018. Selain masih hangat diperbincangkan pada Oktober lalu, meme ini mudah digunakan siapa saja yang ingin bermeme ria.
Kamu tinggal menggunakan gambar tokoh Tom dalam serial kartun 'Tom and Jerry' yang sedang beradegan senyum menyeringai. Lalu gambar tersebut dibubuhi tulisan “Tidak semudah itu, Ferguso!” maka meme ini sudah siap disajikan.
Meme ini sekaligus dinilai membuat netizen bernostalgia dengan telenovela yang sempat ramai beberapa tahun silam. Soalnya, kamu bakal menemui nama-nama latin lain saat menggunakan meme ini seperti, Fellicio, Maria, Antonio, Patricia, Emanuela, Ramirez, Sergio, dan lain sebagainya.
4. Mohon maaf, hanya sekadar mengingatkan!
Meme Maaf, Sekadar Mengingatkan
Meme 'Maaf, Sekadar Mengingatkan'. (Foto: Twitter/@AzamRaharjo)
Mohon maaf, hanya sekadar mengingatkan, merupakan kalimat yang dianggap acapkali dilontarkan oleh segelintir orang untuk menegur siapapun yang tidak memakai kerudung. Kalimat ini berasal cuitan seorang selebtweet pada Oktober lalu yang kemudian berubah menjadi meme akibat ulah kreatif netizen.
ADVERTISEMENT
Kalimat ini sempat menjadi polemik di media sosial. Bagaimana tidak? Kalimat ‘Mohon maaf, hanya sekadar mengingatkan’ sebelumnya dianggap membuat orang-orang tersinggung karena mengingatkan orang terlalu sering. Meskipun, secara bahasa sendiri, sejumlah pengamat menilai kalimat ini enggak bermasalah atau bermakna negatif sama sekali.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan