kumparan
2 Juli 2018 15:01

4 PTN yang Membuka Jurusan Baru di SBMPTN 2018

Ujian SBMPTN
Ujian SBMPTN. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)
Dari tahun ke tahun, minat para siswa untuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit dengan jalur SBMPTN enggak pernah surut. Bahkan, peminatnya cenderung bertambah di tiap tahunnya.
ADVERTISEMENT
Hal itu bisa dilihat dari meningkatnya jumlah pendaftar SBMPTN 2018, yakni sebanyak 860.001 siswa, naik sekitar 8 persen dari tahun sebelumnya. Sebab, di tahun 2017 lalu, peminat SBMPTN diikuti oleh sekitar 797.023 siswa.
Enggak cuma menambah kuota, menariknya, beberapa PTN juga membuka jurusan baru untuk para pendaftar SBMPTN 2018. Nah, di tahun ini, setidaknya ada empat PTN yang membuka jurusan baru pada SBMPTN 2018. Apa saja?
1. Universitas Indonesia (UI)
Universitas Indonesia
Universitas Indonesia. (Foto: Wikimedia Commons)
Salah satu PTN favorit ini membuka dua jurusan baru untuk SBMPTN 2018, yakni Aktuaria dan Teknik Biomedik. Aktuaria merupakan ilmu mengenai pengelolaan risiko keuangan, yang merupakan kombinasi dari ilmu statistik, peluang, matematika, keuangan, dan pemrograman komputer.
Sementara Teknik Biomedik merupakan pengaplikasian teknik dan prinsip teknik dalam dunia medis. Untuk Aktuaria dan Teknik Biomedik, kedua jurusan tersebut punya daya tampung 28 kursi saja.
ADVERTISEMENT
2. Universitas Sebelas Maret
Kegiatan jumpa pers di kampus UNS
Kegiatan jumpa pers di kampus UNS (Foto: Twitter @SekreSBMPTN)
Tahun ini Universitas Sebelas Maret membuka jurusan Ilmu Lingkungan dengan daya tampung sebanyak 25 siswa. Nantinya, mahasiswa jurusan ini akan mempelajari solusi dari permasalahan lingkungan. Ilmu ini berkaitan erat dengan Klimatologi, Biologi, Geologi, Geofisika, Konservasi, Vulkanologi, Meteorologi, Oseanografi, dan Ekologi. Tertarik?
3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Loading Instagram...
Universitas yang terletak di Bandung ini membuka tiga jurusan baru, yaitu Kewirausahaan, Sains Informasi Geografi, dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Ketiganya memiliki daya tampung sebanyak 28 orang.
4. Universitas Padjajaran (Unpad)
Gedung Rektorat Unpad Jatinangor
Gedung Rektorat Unpad Jatinangor (Foto: unpad.ac.id)
Unpad membuka dua jurusan baru di SBMPTN 2018, yaitu Aktuaria dan Bisnis Digital dengan daya tampung 50 dan 40 orang. Menariknya, jurusan Bisnis Digital di Unpad adalah jurusan bisnis digital pertama di Indonesia. Jurusan ini mempelajari pembelajaran bisnis dengan menggunakan teknologi digital. Prodi ini dikembangkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia di bidang penguasaan start up digital, market place, big data, hingga artificial intelligence. Jurusan ini cocok untuk kamu yang memiliki passion di bidang bisnis.
ADVERTISEMENT
Penulis: Hastuti Hera H/ SPEAR SMAN 12 Jakarta
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan