kumparan
25 Januari 2019 18:48

4 Tips Membicarakan Masalah Hubungan dengan Pacar

Kencan. (Foto: Thinkstock)
Dalam setiap hubungan, kamu mungkin pernah punya masalah yang terasa sulit untuk dibicarakan bersama pacar. Sebagian di antaranya karena masalah tersebut terlalu sensitif.
ADVERTISEMENT
Contohnya ketika kamu sudah enggak tahan dengan kelakuan pacarmu yang bikin cemburu karena mulai dekat-dekat sama cowok/cewek lain. Kamu sebenarnya sadar, kan, kalau masalah ini enggak diobrolkan akan makin panjang dan jadi bahan pikiran?
Tapi, enggak usah takut bicara untuk mengungkapkan unek-unek. Nih, kumparan rangkum empat tips dari Your Tango buat membicarakan masalah hubungan sama pacar.
1. Hilangkan asumsi
Berpikir Positif (Foto: Thinkstock)
Kalau ingin lancar bicara masalah sama pacar, pertama kamu harus menghilangkan semua asumsi (anggapan) macam-macam terhadap pacar. Kamu harus menjernihkan pikiran agar enggak berpikiran buruk tentang pacar sendiri.
Jangan berpikir dulu pacar bakal marah atau menyatakan putus. Bicara saja belum, jadi tenang saja.
2. Pilih waktu dan tempat yang tepat
Ilustrasi kencan (Foto: Thinkstock)
Enggak mungkin kamu bicara masalah dengannya saat mood dia sedang jelek atau lagi stres karena beban tugas sekolah, kuliah atau kerja. Kecuali kalau kamu pengin membuat mood-nya lebih jelek lagi. Makanya hati-hati, kalau waktunya enggak pas dia bisa makin emosi.
ADVERTISEMENT
Pemilihan tempat juga harus diperhatikan. Cari tempat senyaman mungkin di mana kalian berdua enggak terganggu dengan orang-orang sekitar. Kafe atau restoran mungkin bisa jadi tempat bagus kalau kamu bisa memilih tempat duduk yang agak sepi dan lebih private.
3. Jangan menyerang
Mengakhiri hubungan secara baik-baik (Foto: Thinkstock)
Ingat, kamu sedang akan mendiskusikan masalah dengan pacar, bukan lomba debat yang saling menyerang. Yang dicari adalah solusi bersama, bukan pembenaran masing-masing pihak.
Menyerang pacar dengan perkataan yang kurang enak justru akan membuatnya jadi kurang nyaman. Kalau dia ikutan emosi, bisa gawat. Bisa-bisa dia malah memintamu putus, kan?
4. Sama-sama mendengarkan
Ilustrasi Kencan (Foto: Shutterstock)
Saat kamu sudah bicara mengungkapkan unek-unekmu, pastikan kamu juga memberikan kesempatan padanya untuk bicara dan menjelaskan. Dengarkan baik-baik apa yang dibicarakan agar kamu paham apa yang dia rasakan. Enggak boleh egois memaksakan tuntutan sendiri, yah!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan