Entertainment
·
19 Desember 2017 18:43

5 Bahaya Menggunakan Earphone Bagi Kesehatan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Bahaya Menggunakan Earphone Bagi Kesehatan (19847)
Ilustrasi mendengarkan musik. (Foto: Pixabay)
Sebagian besar dari kita pasti pernah mendengarkan lagu favorit dengan menggunakan earphone. Yap, cara ini bisa dibilang sebagai salah satu kegiatan untuk mengusir penat setelah seharian beraktivitas.
ADVERTISEMENT
Namun, kalau terlalu sering, hal tersebut rupanya menyebabkan dampak yang enggak baik buat kesehatan dan keselamatan diri kita. Dilansir dari Indian times dan Khoobsurati, berikut kumparan (kumparan.com) merangkum lima bahaya mendengarkan earphone bagi kesehatan kita.
1. Infeksi telinga
5 Bahaya Menggunakan Earphone Bagi Kesehatan (19848)
Ilustrasi telinga kanan. (Foto: tung256 via Pixabay)
Mendengarkan earphone teralu sering dapat mengakibatkan infeksi pada telinga. Menurut Indian Times, hal ini disebabkan karena menempelnya bakteri pada earphone akibat lama enggak dibersihkan atau bertukar dengan orang lain.
2. Kehilangan pendengaran
5 Bahaya Menggunakan Earphone Bagi Kesehatan (19849)
Berisik di Commuter Line (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)
Mendengarkan musik keras-keras dapat membuat kita kehilangan pendengaran baik sementara maupun permanen. Oleh karena itu, disarankan untuk mengatur volume suara secara wajar dan pilihlah speaker dibanding earphone.
3. Kecelakaan
5 Bahaya Menggunakan Earphone Bagi Kesehatan (19850)
Ilustrasi tabrakan motor. (Foto: Frans Mateus Situmorang/kumparan)
Ketika kita sedang asyik mendengarkan musik sambil jalan atau berkendara, terkadang kita enggak mendengar atau kurang fokus terhadap apa yang ada di depan atau samping kita. Hal ini bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.
ADVERTISEMENT
4. Enggak fokus
5 Bahaya Menggunakan Earphone Bagi Kesehatan (19851)
Anak sulit fokus. (Foto: Thinkstock)
Menurut buku Zen And The Art of the Motorcycle Maintenance, mendengarkan musik sambil bekerja malah menganggu konsentrasi dalam bekerja. Bunyi lagu dan suara vokal malah menganggu konsentrasi dan membuat pikiran seseorang terdistraksi dalam pekerjaannya, sehingga memengaruhi kinerja seseorang.
5. Enggak mendengar ketika dipanggil
Hal semacam inilah yang menganggu hubungan dengan orang lain, karena ketika kita sedang asyik mendengarkan musik, terkadang enggak mendengar orang lain yang memanggil kita. Hal seperti ini yang terkesan kurang sopan. Selain itu, teralu sering menggunakan earphone dapat menyebabkan ketidakpekaan dan isolasi diri pada sekitar.
Nah, itulah dari dampak-dampak mendengarkan earphone yang teralu berlebihan dalam keseharian. Mendengarkan musik favorit memang sesekali diperlukan, tapi harus tetap pada batas wajar ya guys !
ADVERTISEMENT