Entertainment
·
19 Desember 2017 18:57

5 Cara Ini Bisa Dilakukan untuk Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris Kamu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Cara Ini Bisa Dilakukan untuk Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris Kamu (56946)
Bahasa Inggris menjadi bahasa asing paling populer (Foto: Instagram/@jun.050)
Sejak memasuki era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), bahasa Inggris adalah salah satu kemampuan yang wajib kamu kuasai. Wajar, soalnya, nih, di dalam dunia kerja nanti, kamu enggak cuma berhadapan dengan orang-orang Indonesia saja, tapi juga orang dari berbagai belahan dunia.
ADVERTISEMENT
Itu sebabnya, enggak cuma jadi mata pelajaran wajib di sekolah, nyatanya, di berbagai sudut kota, tersedia sederet tempat kursus dengan berbagai program yang menjanjikan kita untuk bisa fasih berbahasa Inggris.
Namun, kalau kamu masih belum fasih berbahasa Inggris, kamu enggak usah terburu-buru merogoh kocek dalam-dalam untuk belajar bahasa Inggris. Kamu bisa melakukan lima cara berikut ini.
1. Menonton film berbahasa Inggris
5 Cara Ini Bisa Dilakukan untuk Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris Kamu (56947)
Kebiasaan menonton film pada anak (Foto: Pixabay)
Saat kamu menonton film berbahasa Inggris, cobain, deh, sekali-kali untuk menggunakan subtitle bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu bisa belajar untuk memahami apa kalimat yang sedang diucapkan dalam film tersebut.
Kalau kamu sudah mulai menguasai teknik ini, kamu juga bisa mencoba untuk enggak menggunakan subtitle sama sekali. Cara ini bisa digunakan untuk melatih pendengaran kamu.
ADVERTISEMENT
“Selain menonton, kita juga harus belajar mengucapkan ulang kata-kata yang diucapkan oleh para pemain dalam film tersebut,” ujar Iqbal (23), salah satu pekerja swasta di Jakarta.
2. Bermain game
5 Cara Ini Bisa Dilakukan untuk Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris Kamu (56948)
com-Main Game Online 2 (Foto: Thinkstock)
Mirip seperti menonton film berbahasa Inggris, dengan bermain game, kita juga bisa melatih kemampuan bahasa Inggris kita. Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris dipakai di hampir semua game yang beredar di pasaran.
3. Membaca literatur berbahasa Inggris
5 Cara Ini Bisa Dilakukan untuk Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris Kamu (56949)
Membaca buku untuk menghindari kamu dari gadget (Foto: Pexels)
Kamu juga bisa mulai membiasakan diri untuk membaca literatur apapun yang berbahasa Inggris. Dari membaca, kita juga bisa mengetahui kosa kata baru yang mungkin belum kita tahu artinya sebelumnya.
“Baca novel atau buku berbahasa Inggris cukup ampuh, sih. Bahkan kadang novel kata-katanya enggak familiar. Ya, kalau nemu kata susah, sekalian cari artinya di kamus atau Google translate, deh,” ujar Denis (24), salah satu pekerja swasta asal Tangerang.
ADVERTISEMENT
4. Mendengarkan lagu
5 Cara Ini Bisa Dilakukan untuk Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris Kamu (56950)
Ilustrasi musik dan anak (Foto: Dok. Pixabay)
Metode ini cukup ampuh untuk mengasah kemampuan pendengaran kamu. Caranya, sambil mendengarkan lagu favorit, kamu bisa kembali menuliskan lirik yang sudah kamu dengar. Selain itu, kamu juga bisa sekalian menulis arti dari lirik lagu tersebut.
5. Belajar via internet
5 Cara Ini Bisa Dilakukan untuk Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris Kamu (56951)
com-Baca Review (Foto: Thinkstock)
Sekarang ini sudah ada banyak sekali website yang bisa membantu kamu untuk belajar bahasa Inggris secara benar, mulai dari duolingo.com sampai learnalanguage.com.
Nah, kalau kamu sudah melakukan kelima langkah tersebut, sekarang saatnya untuk kamu mengaplikasikannya ke kehidupan sehari-hari kamu. Kamu bisa mengajak orang terdekat untuk menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari kamu.