kumparan
Entertainment7 April 2020 8:03

5 Cara Mudah Tingkatkan Mood Kerja Selama di Rumah

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi WFH
Ilustrasi kerja di rumah aja. Foto: Maulana Saputra/kumparan
Kerja dari rumah alias work from home mungkin bikin kamu enggak mood menyelesaikan pekerjaan. Setiap hari #dirumahaja tanpa bisa ngobrol secara langsung dengan teman, juga bisa menurunkan semangat bekerja.
ADVERTISEMENT
Tapi ada, kok, beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat meningkatkan mood kerja tanpa perlu keluar rumah. Simak lima caranya di bawah ini, nih.
  1. Mendengarkan musik
karier, mendengarkan musik
Ilustrasi mendengarkan musik sambil kerja Foto: Shutterstock
Cara pertama ini paling gampang dan menyenangkan, deh, buat dilakukan. Dilansir Business Insider, musik udah terbukti bisa meningkatkan mood kita. So, setelah bangun tidur, mandi, dan sarapan, coba, deh, putar lagu-lagu favorit yang bikin kamu semangat. Kalau bisa, sih, lagu bertempo cepat dengan musik yang mengentak biar bisa gaspol kerjanya, gaes!
  1. Ketawa
Ilustrasi Perempuan Karier
Ilustrasi ketawa. Foto: Shutterstock
Menurut studi yang dilakukan oleh Stanford University, ketawa bisa meningkatkan dopamin di otak. Ketawa juga meningkatkan oksigen dalam tubuh, serta meredakan stres. Jadi, kalau udah mulai merasa enggak mood kerja di rumah, coba lupakan sejenak tugasnya dan tonton video-video lucu di media sosial. Saling kirim meme sama gebetan juga boleh. Asalkan jangan sampai keasyikan dan lupa waktu, ya.
ADVERTISEMENT
  1. Bersih-bersih
dekorasi, meja kerja
Ilustrasi area kerja yang bersih Foto: Shutterstock
Kamu enggak perlu bersih-bersih seluruh penjuru rumah, atau mencuci tumpukan baju kotor di sudut kamar. Membersihkan area bekerja aja udah cukup, kok, buat meningkatkan mood kerja. Selain itu, bersih-bersih badan juga jangan sampai lupa, ya!
  1. Berjemur
Ilustrasi Perempuan Berjemur di bawah Sinar Matahari
Ilustrasi Perempuan Berjemur di bawah Sinar Matahari Foto: Dok. Shuttertsock
Berada #dirumahaja bukan berarti kamu cuma mengurung diri di kamar, ya, gaes. Cobalah ke teras atau spot lain di sekitar rumah, yang memungkinkan kamu berjemur dan mendapatkan sinar matahari di pagi hari. Selain bisa meningkatkan mood, berjemur juga direkomendasikan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Sambil olahraga juga asyik, nih!
  1. Istirahat yang cukup
Ilustrasi tidur.
Ilustrasi tidur. Foto: pixhere
Kerja dari rumah berarti enggak mengharuskan kamu untuk bangun lebih pagi dan siap-siap berangkat ke kantor. Energi dan waktu kamu juga enggak habis gara-gara terjebak macet di jalan sepulang kerja.
ADVERTISEMENT
Tapi, bukan berarti manajemen waktu kamu jadi berantakan, ya. Apalagi, sampai mengganggu waktu istirahat. Padahal, istirahat yang cukup bisa menjaga kesehatan dan mood kamu agar selalu dalam kondisi baik.
Selain lima cara di atas, kamu bisa juga, kok, secara mudah meningkatkan mood kerja selama #dirumahaja dengan melakukan hobi. Seperti berkebun, makeup, main game, atau memasak. Semangat, gaes!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan