kumparan
21 Des 2017 19:59 WIB

5 Cara Tertawa dari Berbagai Belahan Dunia

com-Tertawa (Foto: Thinkstock)
Seberapa sering, kah, kamu menulis kata ‘wkwkwk’ saat berbalas pesan dengan sahabat atau pacar? Tenang kamu enggak sendiri kok, guys. Soalnya, cara tertawa dalam bentuk tulisan ‘wkwkwk’ sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia.
ADVERTISEMENT
Namun ternyata, tiap negara punya cara sendiri, lho, dalam menuliskan tawa. Berikut lima cara tertawa di berbagai belahan dunia.
1. Orang Korea - “kkkkk”
Kkkkk (Foto: Mela Nurhidayati/kumparan)
Buat kamu penggemar drama Korea atau penggila k-pop, pasti sering, kan, melihat tulisan “kkkkk”? Yap, dalam bahasa Korea, “kkkkk” adalah ungkapan yang dilontarkan oleh orang Korea ketika mereka tertawa terbahak-bahak di percakapan online. Nah, kata “kkkkk” adalah singkatan dari “keu keu keu” yang artinya “hahaha”.
2. Orang Spanyol - “jajaja”
Jajaja (Foto: Mela Nurhidayati/kumparan)
Enggak hanya Korea, orang Spanyol juga punya gaya sendiri dalam mengungkapkan tertawaan di percakapan online. Bagi orang Spanyol, huruf “J” dibaca “H”, jadi, ketika mereka ingin menulis “Hahaha”, mereka akan menggunakan J sebagai huruf pengganti seperti “Jajaja”.
ADVERTISEMENT
Selain Spanyol, ternyata negara-negara di Amerika Latin seperti Venezuela, Puerto Rico, dan negara-negara bekas jajahan Spanyol juga menuliskan kata “Jajaja”, dalam mengekspresikan tawanya dalam chat.
3. Orang Amerika - “hahaha”
Hahaha (Foto: Mela Nurhidayati/kumparan)
Seberapa sering kamu menulis “hahaha” dalam setiap percakapan online dengan pacar atau sahabat? Pasti enggak terhitung bukan?
Yap, tulisan tertawa ini memang paling umum digunakan dalam chat. Tulisan “hahaha” ini merupakan tulisan ketawa khas orang Amerika. Enggak hanya “hahaha”, mereka juga menuliskan kata LOL atau Laughing Out Loud dalam percakapan online mereka, yang artinya tertawa terbahak-bahak.
4. Orang Jepang - “www”
Www (Foto: Mela Nurhidayati/kumparan)
Kalau orang Korea menuliskan kata “kkkkk” sebagai ungkapan tawa dalam percakapan online, nah, orang Jepang akan mengetik “www”.
Jika kamu menganggap “www” terinspirasi dari singkatan dari World Wide Web, kamu salah besar, guys. Soalnya huruf “w” ini berasal dari kata “wara” yang berarti ketawa. Nah, untuk menyingkat kata “wara” itu, akhirnya mereka menuliskan “www” saat ingin tertawa di dalam percakapan chat mereka dengan teman-temannya.
ADVERTISEMENT
5. Orang Indonesia - “wkwkwk”
Wkwkwk (Foto: Mela Nurhidayati/kumparan)
Yang terakhir adalah “wkwkwk”. Kata ini sempat tenar di kolom komentar Youtube pesulap Demian Aditya saat beraksi di acara Amercia’s Got Talent 2017. Banyak sekali warganet yang berasal dari Indonesia menuliskan kata “wkwkwk”. Tapi, pernah enggak, sih, kamu berpikir dari mana kata “wkwkwk” ini berasal?
Ternyata, kata yang sering dibaca weka-weka ini, lahir dari komunitas game online. Jadi, para pemain game online tersebut gemar sekali menggunakan kata “gw” sebagai pengganti kata “gue” atau “saya”. Pergantian kata ini dianggap lebih mempermudah dalam pengetikan saat berbalas pesan di game online.
Enggak hanya kata “gw”, perubahan juga terjadi di ekspresi tertawa. Penggunan kata “haha” dianggap terlalu formal di dunia game. Oleh karena itulah, mereka akhirnya lebih menggunakan kata “huehue” dan “huahua” untuk ekspresi tertawa. Lagi-lagi, kata itu akhirnya diubah menjadi kata “hwhwhw” untuk mempercepat pengetikan.
ADVERTISEMENT
Ternyata, kata “hwhwhhw” diubah lagi menjadi “wkwkwk” dengan alasan lebih mudah diketik dibandingkan “hahaha”.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan