kumparan
22 Oktober 2018 16:40

5 Cara untuk Tetap Termotivasi Selama Mencari Kerja

Ilustrasi  lamaran kerja
Ilustrasi lamaran kerja (Foto: Flazingo Photos via Flickr)
Zaman sekarang, terutama buat kamu para fresh graduate yang belum berpengalaman di dunia kerja, pasti pernah mengalami sulitnya melamar kerja.
ADVERTISEMENT
Dari banyaknya CV dan portofolio yang kamu kirim, mungkin hanya beberapa yang dibalas untuk interview lebih lanjut. Itupun belum menjamin kamu langsung diterima.
Tapi, enggak perlu putus asa dan sedih berlarut. Kamu bisa tetap memotivasi diri dan timbulkan rasa semangat dengan lima cara ini, seperti yang dikutip dari Her Campus.
1. Ketahui tujuanmu
Ilustrasi perempuan karier
Ilustrasi perempuan karier. (Foto: Thinkstock)
Penting untuk mengetahui apa tujuanmu melamar ke perusahaan yang kamu tuju. Kalau kamu memang sudah berencana untuk melamar ke beberapa perusahaan atau posisi yang kamu inginkan, kamu harus tahu betul tugas-tugas apa yang kiranya akan kamu kerjakan nantinya.
Enggak ada salahnya juga untuk mencari tahu lebih dalam soal pekerjaan tersebut, karena siapa tahu jika kamu pada akhirnya memang diterima untuk bekerja di sana, kamu punya bekal pengetahuan yang bisa kamu kembangkan.
ADVERTISEMENT
2. Minta masukan pada senior
Hang out di taman
Hang out di taman (Foto: Thinkstocks)
Cobalah untuk meminta saran dari para seniormu yang sudah terlebih dulu berkecimpung di dunia kerja. Kamu mungkin bisa mengatur waktu untuk mengajak mereka bertemu untuk sekadar hang out atau ngopi bareng, sambil menanyakan beberapa pertanyaan yang berkenaan dengan dunia kerja.
Pengalaman dan saran dari mereka tentu sangat berguna buat kamu.
3. Berhenti membandingkan diri
Setiap orang pasti punya rezeki dan kesempatan yang berbeda. Jadi, jika kamu memang belum menemukan pekerjaan yang pas untukmu, tak perlu berkecil hati apalagi membandingkannya dengan teman-teman seangkatanmu.
Membandingkan hidupmu dengan yang lain hanya akan menambah masalah baru. Kamu akan berpikir bahwa kamu enggak lebih baik dari yang lain, dan ujungnya kamu malah lupa untuk bersyukur.
ADVERTISEMENT
Percaya deh, semua orang pasti punya waktunya masing-masing.
4. Cari inspirasi
Ketika kamu sedang merasa down, carilah inspirasi yang membuat semangatmu tetap menyala. Sebagai contoh, kamu mungkin pernah dengar soal penulis kenamaan J. K Rowling, yang juga pengarang dari sekuel legendaris Harry Potter.
Sebelum namanya besar, J. K Rowling ternyata pernah ditolak beberapa kali oleh para penerbit. Yap, naskah cerita Harry Potter yang digemari --mungkin jutaan orang di dunia ini, pada awalnya hanya meraup sedikit keuntungan.
Namun kini, J.K Rowling masuk dalam jajaran penulis terkaya di dunia. Tahun lalu, Guardian bahkan menyebut J.K Rowling sebagai penulis nomor satu terkaya di dunia dengan jumlah kekayaan mencapai 95 juta Dollar AS.
ADVERTISEMENT
Intinya, jangan mudah menyerah dan putus asa dengan impianmu sendiri, ya!
5. Tetap berlaku positif
Good Day
Be positive (Foto: Alexa_fotos)
Terakhir, ketika kamu sangat lelah dan ingin menyerah, ingatlah bahwa semua kerja keras yang kamu lakukan sekarang akan bermanfaat di masa depan.
Kita semua tahu, mencari pekerjaan memang enggak gampang, bahkan, bisa jadi menimbulkan pengalaman yang enggak menyenangkan.
Tapi, tetaplah optimis. Dengan berpikiran positif, setidaknya hari-harimu akan terasa lebih mudah untuk dijalani. Teruslah berusaha dan yakin bahwa hal baik akan menghampirimu sebentar lagi. So, semangat, ya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan