kumparan
2 November 2019 8:54

5 Hal Normal dalam Pacaran padahal Penyebab Toxic Relationship

KONTEN SPESIAL MILENIAL BUDAK CINTA Ilustrasi toxic relationship
Ilustrasi toxic relationship. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Hidup itu terlalu singkat buat terjebak dalam pacaran yang enggak sehat, alias toxic relationship.
ADVERTISEMENT
Biasanya, kalau kamu udah mulai merasa enggak bahagia, dan mempertanyakan hubunganmu dengan dia, ini adalah penyebab awal pacaran menjadi toxic relatioship.
Tapi, penyebab pacaran menjadi toxic relationship kerap enggak terlihat, bahkan sering dianggap normal. Kira-kira apa aja, ya, hal-hal yang terlihat normal padahal enggak? Cus, simak baik-baik di bawah ini.
  1. Bercanda yang merendahkan
Ilustrasi pasangan
Ilustrasi pasangan. Foto: Shutterstock
Kalau selama pacaran kamu dan dia saling merendahkan, ini bisa jadi penyebab toxic relationship, gaes. Hal ini sering dianggap normal karena dibalut sama bercandaan dan sarkasme.
Misalnya, pacar mengejek kamu di depan teman-teman. Tapi, ketika kamu marah, dia beralasan cuma bercanda dan meminta kamu biar enggak baper. Mau enggak mau, kamu mewajarkan sikapnya ini, dan berulang terus sampai beberapa kali.
ADVERTISEMENT
Biar pacarannya enggak jadi toxic relationship, buruan di-ilangin kebiasaan saling merendahkan ini, ya. Lama-lama, rasa sayang dan saling menghargai di antara kalian bisa menghilang.
  1. Berantem
Ilustrasi pasangan
Ilustrasi berantem tanda toxic relationship. Foto: Shutterstock
Iya, paham, yang namanya pacaran tanpa bumbu-bumbu drama emang kurang asoy. Tapi kalau dramanya bikin kalian sering berantem, berarti udah enggak sehat lagi, tuh.
Enggak jarang juga, nih, yang beranggapan bahwa selama enggak main fisik alias ada pukulan atau tamparan, maka berantemnya masih wajar. Padahal, gimanapun bentuknya, berantem itu penyebab toxic relationship.
  1. Saling punya rahasia
Ilustrasi cemburu kepada pasangan.
Ilustrasi rahasia tanda toxic relationship. Foto: Shutter Stock
Rahasia enggak melulu berarti kamu selingkuh dari pacar. Punya rahasia soal masalah dan kehidupan personal kamu juga bisa jadi penyebab toxic relationship.
Ingat, ya, kunci dalam pacaran itu adalah komunikasi. Kalau kamu dan dia udah saling mewajarkan rahasia antara kalian berdua, berarti kalian enggak saling jujur, nih.
ADVERTISEMENT
  1. Berjarak
Ilustrasi pasangan tak harmonis
Ilustrasi berjarak tanda toxic relationship. Foto: Shutterstock
Ketika ketemu sama pacar, apakah kamu langsung ingin memeluknya? Ketika mau nonton ke bioskop, apakah kamu pengin langsung ngajak dia? Ketika mendapatkan kabar baik atau buruk, apakah pacarmu yang pertama kali ingin dikabarkan?
Terkadang, semakin lamanya pacaran, membuat kamu dan dia mengentengkan satu sama lain. Sampai-sampai hal kecil kayak pelukan, atau menghabiskan waktu berdua meski cuma sebentar, enggak lagi terpikirkan.
Jangan sampai jarak ini menjadi hal yang normal buat kamu dan pacar, ya. Sebab, bisa menjadi pemicu toxic relationship.
  1. Saling diam
KONTEN SPESIAL MILENIAL BUDAK CINTA Ilustrasi toxic relationship
Ilustrasi toxic relationship. Foto: Fitra Andrianto/kumparan
Secocok-cocoknya kamu sama pacar, bisa jadi pernah mengalami momen kalian sama-sama terdiam. Seakan semua topik udah pernah dibahas, udah enggak ada lagi yang bikin kalian saling penasaran, dan enggak ada lagi obrolan.
ADVERTISEMENT
Wajar emang untuk enggak selalu ngobrol sama pacar. Tapi, kalau keterusan bisa jadi penyebab toxic relationship, lho. Sebab, saling diam menandakan kurangnya komunikasi dalam pacaran.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan