kumparan
14 Desember 2017 18:38

5 Hal yang Bisa Dilakukan Milenial untuk Jadi Jutawan

Kelompok miliarder "The ImPact"
Kelompok miliarder "The ImPact" (Foto: theimpact.org)
Sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh USA Today menunjukkan bahwa kalangan milenial hanya mengumpulkan 20 persen lebih sedikit dari yang bisa dihasilkan oleh orang tua mereka saat berada di usia yang sama, sekalipun mengantongi ijazah sarjana.
ADVERTISEMENT
Enggak heran, hal ini membuat banyak kalangan milenial memilih untuk mengubur dalam-dalam khayalan menjadi seorang jutawan. Padahal, siapa, sih, yang enggak mau menjadi jutawan yang setiap hari mengendarai mobil mewah saat berangkat ke kantor?
Meski gitu, kamu enggak usah sedih. Kamu tetap bisa, kok, mewujudkan mimpi dengan melakukan lima hal berikut ini seperti yang kumparan (kumparan.com) lansir dari Entrepreneur.com
1. Mulai berbisnis
Ilustrasi Bisnis Online
Ilustrasi bisnis online (Foto: Thinkstock)
Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah memulai usaha bisnis. Dengan berbisnis, peluang kamu menjadi jutawan semakin besar, tetapi semua bergantung pada ide kreatif dan kerja keras kamu, guys. Yang terpenting, kamu harus bersiap untuk menghadapi rintangan dalam berbisnis sebelum menikmati hasilnya.
2. Cari Mentor
Semua Adalah Guru
Semua orang bisa menjadi guru (Foto: Pixabay)
Beberapa orang sukses mengakui bahwa ada peran mentor yang sangat kuat di balik kesuksesan yang mereka capai. Tony fernandez, pemilik maskapai Air Asia, ini mengaku ada sosok Richard Branson yang membantunya dalam berbisnis. Lewat mentor yang sudah memiliki berbagai pengalaman dalam bidang bisnis, kamu bisa belajar banyak hal darinya.
ADVERTISEMENT
3. Investasi
Ilustrasi investasi properti
Ilustrasi investasi properti (Foto: nattanan23/Pixabay)
Enggak banyak anak muda sekarang yang mau berinvestasi. Alasannya? Ribet. Padahal, berinvestasi merupakan salah satu jalan supaya kamu bisa menghasilkan uang dengan cepat, lho. Tetapi, kamu juga harus mengorbankan semua uang yang kamu punya untuk diinvestasikan. Hal ini juga berarti kamu sudah siap menerima berbagai risiko nantinya. Untuk langkah awal, coba mulai dengan menginvestasikan sejumlah uang kamu di bank. Sebelum mencoba berinvestasi, ada baiknya kalau kamu pelajari dulu sistem investasinya ya.
4. Tabungan
Com-Tabungan dengan Auto Debit
Com-Tabungan dengan Auto Debit (Foto: Thinkstocks)
Menabung memang enggak bisa memberikan kamu hasil yang banyak dalam jangka waktu yang cepat. Tapi, masih ingat dengan pepatah “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit," kan? Nah, kamu bisa mulai menyisihkan sebagian gaji yang kamu peroleh, enggak perlu angka besar, cukup 10 sampai 15 persen dari penghasilan kamu untuk disimpan.
ADVERTISEMENT
5. Tingkatkan pendapatan
Nego Gaji
Apa pengaruh gaji? (Foto: Thinkstock)
Percuma dong kalau kamu mau berinvestasi dan menyimpan sebagian pendapatan kalau angka gaji yang kamu peroleh masih di bawah rata-rata. Karenanya, pastikan kalau kamu menghasilkan uang yang cukup. Kalau enggak, segera cari pekerjaan lain yang bisa memberikan penghasilan lebih dari tempat kamu bekerja saat ini. Dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki, rasanya mudah untuk berusaha mendapat pekerjaan yang lebih baik.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan