kumparan
Entertainment27 April 2018 16:17

5 Hal yang Bisa Merusak Hubungan Percintaan

Konten Redaksi kumparan
 Ilustrasi Pasangan Bertengkar
Ilustrasi Pasangan Bertengkar (Foto: Thinkstock)
Sebagian besar dari kita menganggap bahwa masalah bisa membuat hubungan jadi lebih berwarna. Yap, pertengkaran dalam hubungan percintaan kerap ditandai sebagai ‘bumbu’ dalam hubungan kita.
ADVERTISEMENT
Namun, bukan berarti hal tersebut bisa terjadi setiap hari. Bukannya jadi bumbu, hal tersebut malah akan merusak hubungan percintaan kamu. Tapi nyatanya, pertengkaran bukan jadi satu-satunya sumber masalah.
Sebab, menurut seorang pakar hubungan, Annabelle Knight, ada banyak pasangan yang sering merusak hubungan percintaannya sendiri tanpa disadari. Sebelum hubungan kamu semakin parah, kenali lima tanda yang dapat merusak hubungan ini agar ada upaya pencegahan.
1. Terlalu banyak drama
Dikutip dari Cosmopolitan, perilaku yang memicu adanya drama-drama baru dalam hubungan kamu, bisa terjadi karena kamu terlalu banyak menonton film sedih. Sehingga, pikiran kamu sudah terkontaminasi bahwa cinta bisa benar-benar menyakitkan buat kamu.
Hal ini dapat memengaruhi keyakinkan diri sendiri bahwa pacarmu yang sekarang ini bukan orang yang tepat sehingga ada kemungkinan kamu untuk putus dengannya.
ADVERTISEMENT
2. Banyak menuntut
Begitu banyak kriteria yang kamu terapkan juga mampu menciptakan jarak antara kamu dan pacar. Berharap pacar kamu menjadi sosok yang sempurna hanya akan menciptakan delusi.
Terlalu banyak mengontrol pacar juga akan membuat rasa saling percaya kalian berkurang. Bahkan, kemungkinan terburuknya adalah ketidakjujuran.
3. Tidak bisa kompromi
Adanya masalah dalam suatu hubungan memang suatu hal yang wajar. Bahkan, dari masalah-masalah tersebut kalian bisa belajar untuk menemukan solusi. Tapi, jika kamu dan pacar terlalu sering terlibat dalam sebuah perdebatan dan tidak mereda, kalian mungkin terjebak dalam ego masing-masing.
4. Terlalu mempedulikan kata orang lain
Bagi yang sedang menjalankan sebuah hubungan, terlalu percaya dan peduli dengan perkataan orang lain juga bisa merusak hubungan. Jika kamu sampai pernah tidak membalas chat hanya karena omongan orang lain, tindakan kamu yang mudah terpengaruh ini bisa jadi bumerang, lho, di kemudian hari.
ADVERTISEMENT
5. Memaksakan kehendak
Berharap pacar kamu akan memiliki pola pikir dan perilaku yang sama persis dengan kamu mungkin sah-sah saja. Namun jika kamu memaksa pacar kamu untuk “menjadi kamu” atau membentuk pacar kamu agar menjadi yang kamu inginkan, itu salah besar.
Ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap pasanganmu hanya akan berujung kekecewaan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan