Buzz
·
23 Februari 2018 20:07

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memutuskan untuk Pindah Kampus

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memutuskan untuk Pindah Kampus (316353)
Kuliah lagi? Why not banget! (Foto: Istimewa)
Dunia perkuliahan memang tidak selamanya berjalan lancar. Karena satu dan lain hal, terkadang situasi yang ada cukup menyulitkan kita untukmelanjutkan kuliah di suatu tempat.
ADVERTISEMENT
Bagi sebagian, saat-saat sulit tersebut mungkin bisa disiasati, salah satunya, dengan berpindah ke kampus lain. Namun, ada saja beberapa hal yang membuat proses perpindahan kampus menjadi enggak mudah, baik secara administratif atau psikis.
Bagi kamu yang sedang menghadapi situasi tersebut, kumparan (kumparan.com) punya lima tips untuk membantu kamu mejalani proses perpindahan kampus.
1. Lempar lamaran dan lupakan
5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memutuskan untuk Pindah Kampus (316354)
com-Nggak Perlu ke Kampus (Foto: Thinkstock)
Kamu enggak ingin, kan, selalu dihantui pikiran tentang transfer kampus terus-menerus? Setelah melempar aplikasi lamaran untuk mengajukan transfer ke beberapa kampus, sebaiknya kamu melupakannya. Biarkan semua berjalan sebagaimana adanya. Jangan buat hal ini jadi ribet dengan memikirkannya terus.
2. Jangan memberi tahu semua orang
5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memutuskan untuk Pindah Kampus (316355)
Com- Kuliah, harus tahu mana yang cocok untukmu (Foto: Thinkstocks)
Sebaiknya, jangan beri tahu ke semua orang, entah itu teman di kampus yang lama atau yang baru. Dengan begini, kamu enggak akan dilimpahi pertanyaan tentang apakah kamu sudah mendaftar atau kampus tujuan mana yang ingin dimasuki. Kamu juga bisa dengan mudah melupakan proses transfer yang panjang tadi kalau enggak ditanya oleh teman-teman di kampus.
ADVERTISEMENT
3. Carilah teman
5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memutuskan untuk Pindah Kampus (316356)
Ilustrasi Teman Kantor (Foto: Unsplash)
Saat memutuskan untuk melakukan transfer kampus, jangan berhenti untuk bersikap ramah dan cari teman baru. Siapa tahu teman baru tadi bisa membuat kamu semakin betah di kampus baru. Mereka juga akan lebih mudah untuk membantu kamu beradaptasi dengan lingkungan yang baru.
4. Jangan berasumsi negatif
5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memutuskan untuk Pindah Kampus (316357)
Kuliah di luar negeri enggak susah, kok! (Foto: Pixabay)
Meninggalkan beberapa kenangan di kampus yang lama memang keputusan yang berat. Namun, cobalah untuk menerima situasi ini dan menjalaninya dengan ikhlas.
5. Aktif dalam beberapa kegiatan
5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memutuskan untuk Pindah Kampus (316358)
Ilustrasi Kehidupan Kuliah (Foto: theodysseyonline.com)
Masuk ke lingkungan yang baru bukan berarti kamu enggak bisa berhenti untuk aktif dalam berbagai kegiatan di tempat itu. Justru, kamu harus sering aktif dan bergabung di beberapa klub ekstrakurikuler agar bisa memperoleh teman-teman baru.