kumparan
2 Juli 2018 13:24

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengecek Pengumuman SBMPTN 2018

SBMPTN 2017
SBMPTN 2017 (Foto: Cornelius Bintang/kumparan)
Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 sudah di depan mata. Bagi kamu yang sedang menunggu pengumuman, pasti perasaan kamu tak karuan, kan? Nah, daripada kamu galau, lebih baik kamu siapkan lima hal berikut ini sebelum mengecek pengumuman SBMPTN 2018. Apa saja?
ADVERTISEMENT
1. Tandai kalendermu!
Ilustrasi kalender
Ilustrasi kalender (Foto: Dok. Thinkstock)
Setelah mengetahui jadwal pasti pengumuman SBMPTN, tandai kalendermu sebagai pengingat. Dari mulai tanggal hingga jam pengumuman itu dirilis. Langkah ini sangat penting untuk dilakukan, apalagi kalau kamu tipe orang yang mudah pelupa.
Bagi kamu yang belum tahu, jadwal kelululsan SBMPTN 2018 akan diumumkan pada hari Selasa (3/7) pukul 17.00 WIB.
2. Siapkan nomor peserta SBMPTN
Pelaksanaan SBMPTN 2017
Pelaksanaan SBMPTN 2017 (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Salah satu platform yang biasanya diandalkan para peserta untuk mengecek hasil pengumuman adalah via online. Saat membuka hasil pengumuman, hal yang harus kamu persiapkan adalah nomor peserta SBMPTN.
Selain itu, siapkan juga nomor peserta dan password untuk membuka akun di website SBMPTN, ya! Hal ini berfungsi untuk memastikan bahwa data pengumuman yang tertera di web pengumuman valid dan tidak ada kesalahan.
ADVERTISEMENT
3. Cari web pengumuman SBMPTN yang tepat
 Ilustrasi Website
Ilustrasi Website (Foto: Dok. Pixabay)
Biasanya, saat pengumuman SBMPTN banyak sekali web yang menyediakan informasi pengumuman. Tidak hanya web resmi SBMPTN, namun beberapa Universitas juga menyediakan link tersendiri.
Karena banyaknya peserta yang mengakses website resmi SBMPTN, biasanya, saat pengumuman nanti kamu akan kesusahan untuk masuk atau mengakses website tersebut. Oleh karena itu, usahakan untuk mencari beberapa web alternatif, ya! Kabar baiknya, kamu juga bisa mengakses pengumuman SBMPTN di website kumparan, lho, jadi kamu tidak perlu khawatir akan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti server down.
4. Pastikan jaringan internet lancar
Ilustrasi Internet
Ilustrasi Internet. (Foto: Rawpixel/Pixabay)
Untuk bisa mengakses informasi pengumuman SBMPTN, kamu harus memiliki koneksi internet yang baik. Nah, jika di daerah kamu susah jaringan internet, maka cobalah cari daerah yang memang terjangkau internet. Koneksi internet benar-benar berpengaruh saat kamu mengakses informasi pengumuman SBMPTN nanti, makanya usahakan untuk memiliki jaringan internet yang bagus!
ADVERTISEMENT
5. Jangan lupa berdoa
Ilustrasi berdoa
Ilustrasi berdoa (Foto: Rehman Asad / AFP)
Setelah semua hal sudah kamu persiapkan, kamu tinggal menyerahkan semua hasilnya kepada Tuhan YME. Kalau kata orang bijak, doa yang paling mujarab adalah doa dari kedua orang tua dan orang terdekat kamu. Selain memperbanyak doa, kamu juga harus minta doa restu kepada mereka ya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan