kumparan
4 Juli 2018 16:13

5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Ujian Mandiri Undip

Universitas Diponegoro
Universitas Diponegoro (Foto: Instagram/@irsemoticon via @undipsemarang)
Universitas Diponegoro (Undip) menjadi salah satu PTN favorit dalam SBMPTN 2018. Buat kamu yang berhasil lolos dan berhasil masuk Undip lewat jalur SBMPTN, selamat. Namun, buat yang belum berhasil, jangan berkecil hati.
ADVERTISEMENT
Sebab, kamu masih bisa mengikuti Ujian Mandiri yang diadakan oleh Undip. Nah, buat kamu yang masih bertekad untuk kuliah di Undip, berikut lima hal yang perlu kamu ketahui tentang Ujian Mandiri Undip.
Kuota Ujian Mandiri adalah 30 persen
Dikutip dari laman resmi Undip, Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH. Mhum menyatakan bahwa masih terdapat kuota 30 persen dari total calon mahasiswa yang akan diterima untuk jalur Mandiri.
Pendaftaran masih dibuka sampai tanggal 5 Juli 2018
Pendaftaran ujian mandiri Universitas Diponegoro dibuka dari tanggal 6 Mei sampai 5 Juli 2018. Jadi buat kalian yang belum daftar, masih ada kesempatan satu hari lagi! Kamu bisa mempersiapkan semua berkas-berkas yang dibutuhkan sekarang.
Ilustrasi lembar ujian.
Ilustrasi lembar ujian. (Foto: Thinkstock)
Biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti ujian mandiri
ADVERTISEMENT
Ada perbedaan biaya buat kamu yang ingin mengikuti Ujian Mandiri Undip. Nah, biaya yang dikeluarkan dibedakan berdasarkan perbedaan lokasi tes yang diikuti, sehingga tidak ada perbedaan biaya untuk kelompok Saintek dan Soshum.
Biaya yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
Kelompok Saintek dan Soshum: Rp 300 ribu (untuk daerah lokal Semarang)
Kelompok Saintek dan Soshum: Rp 375 ribu (untuk daerah luar Semarang)
Tes tertulis dilaksanakan pada 14 Juli 2018 di 19 kota
Menjadi salah satu kampus favorit, Undip membuka kesempatan untuk para peminatnya di luar kota Semarang agar dapat melaksanakan tes tertulis ujian mandiri di kota terdekat. Kota-kota yang dipilih Undip antara lain: Medan, Padang, Pekanbaru, Banjarbaru, Batam, Palembang, Bandar Lampung, Tangerang, Jakarta, Bekasi, Cibubur, Bandung, Jepara, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, Denpasar, dan Makassar.
ADVERTISEMENT
Kontak yang bisa dihubungi
Agar tidak terjadi kesalahan informasi, ada baiknya kalian sering mengecek laman resmi ujian mandiri Undip di https://um.undip.ac.id/ atau mengontak pihak admisi di (024) 7460041.
Penulis: Dzaki Aribawa/ SPEAR SMAN 8 Jakarta
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan