kumparan
16 Januari 2018 16:53

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang SXSW

Ilustrasi Nonton Konser
Ilustrasi Nonton Konser (Foto: Pixabay)
Kabar tentang masuknya tiga grup musik Indonesia dalam line-up festival musik South by Southwest (SXSW) 2018 tentunya menjadi sesuatu yang membanggakan bagi para pecinta musik di dalam negeri.
ADVERTISEMENT
Namun, sudahkah kamu tahu apa itu sebenarnya SXSW? Supaya kamu tidak ketinggalan, berikut ini, kumparan (kumparan.com) merangkum lima hal yang harus kamu ketahui tentang SXSW.
1. Festival berusia 3 dekade
SXSW merupakan sebuah festival yang sudah sejak lama rutin digelar. Tahun 1987 menandakan kali pertama festival yang bertempat di kota Austin, Texas, Amerika Serikat (AS), pada setiap pertengahan bulan Maret (dimulai tanggal 9 sampai 18 Maret untuk 2018). Maka, tahun 2018 ini akan menjadi gelaran SXSW yang ke-31.
2. Bukan hanya festival musik
Meski awalnya SXSW hanya menyelenggarakan festival musik, saat ini festival tersebut juga mengakomodasi bagian industri lainnya, di antaranya ada film serta media interaktif. Menurut laman resmi SXSW, penambahan tersebut pertama kali dibuat pada gelaran SXSW di tahun 1994 silam.
ADVERTISEMENT
3. Tempat berkumpulnya musisi dari berbagai negara
Selain mengundang beberapa band dari Indonesia, SXSW juga merupakan festival musik yang mempertemukan musisi dengan beragam genre dari berbagai penjuru dunia. Sebagai gambaran, khusus untuk tahun 2017 lalu, festival musik SXSW diisi oleh total 2778 penampilan, serta 167.800 penonton selama tujuh hari.
4. Festival dengan dampak ekonomi yang cukup besar
Gelaran festival ini juga menghasilkan dampak ekonomi yang cukup signifikan bagi kota yang menjadi tempat penyelenggaraannya, yakni Austin. Tahun 2017, SXSW dikabarkan mampu berkontribusi sebesar 348,6 juta dolar Amerika Serikat (Rp 4,7 Triliun) pada keberlangsungan kondisi ekonomi lokal.
5. Kerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF)
Hampir di setiap tahunnya, Indonesia memiliki slot untuk memberangkatkan delegasinya ke ajang SXSW. Nah, buat grup musik yang ingin berangkat ke SXSW mewakili Indonesia harus terlebih dahulu mendaftar melalui komite lokal yang diorganisir oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), sebelum akhirnya diputuskan langsung oleh pihak penyelenggara.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan