kumparan
27 Desember 2017 18:38

5 Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang

Ilustrasi Bisnis Online
Ilustrasi bisnis online (Foto: Thinkstock)
Bekerja sesuai dengan hobi memang bisa membuat hati senang. Selain bisa menghasilkan, kamu juga bisa mengembangkan keahlian diri. Nah, apa saja hobi yang bisa memberikanmu penghasilan? Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum dari Entrepreneur.
ADVERTISEMENT
1. Menulis
Menulis surat untuk Santa Klaus (not cov)
Menulis surat untuk Santa Klaus (Foto: Instagram/@jpcarlisle)
Buat kamu yang hobi menulis dan memiliki kemampuan dalam menulis beberapa konten, kamu bisa memanfaatkan hal ini. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah menjadi seorang freelance writer untuk beberapa perusahaan. Kamu juga bisa memulai usaha ini dengan gratis, lho.
2. Berkebun
Kegiatan Berkebun
Kegiatan Day Care berkebun. (Foto: Ulfa rahayu/kumparan)
Menjadi seseorang yang berkutat dengan berbagai jenis tanaman saja bukan berarti enggak bisa menghasilkan uang. Kamu bisa menjual tanaman yang dimiliki kepada kolektor tanaman. Jika kamu memilih untuk menanam berbagai jenis sayuran, maka ini bisa jadi penghasilan tetap bagi kantong kamu. Kamu bisa menjualnya kepada pedagang sayuran di pasar, kan?
3. Memasak
Com-Peralatan Makan dan Masak
Com-Peralatan Makan dan Masak (Foto: Thinkstocks)
Sebagai manusia yang normal, pastinya kita membutuhkan asupan energi dari makanan. Ini jadi lahan empuk buat kamu yang hobi memasak. Apalagi kalau masakan kamu banyak disukai teman dan keluarga. Mulai dengan membuat usaha katering yang bisa kamu jual ke teman dekat. Simple, tapi tetap menghasilkan.
ADVERTISEMENT
4. Lucu
Hal yang diperhatikan oleh pria dari perempuan
Gaya tertawa juga bisa menjadi sebuah daya tarik. (Foto: Thinkstock)
Naiknya pamor stand up comedy saat ini enggak jarang membuat para komedian sering disewa untuk manggung di berbagai pentas. Mulai dari acara kelulusan sampai pelantikan organisasi. Nah, kamu hanya perlu melatih skill melucu ini dan tampil di panggung-panggung, guys.
5. Belanja
com-Ilustrasi Belanja
com-Ilustrasi Belanja (Foto: Thinkstock)
Enggak selamanya hobi belanja hanya menghamburkan uang, lho. Buat kamu yang gemar berbelanja, hal ini bisa kamu manfaatkan dengan menawarkan jasa titip atau yang lebih akrab disapa sebagai jastip. Kamu bisa menyalurkan hobi berbelanja sambil meraup untung dari ongkos kirim yang diberikan para penitip kepada kamu. Menarik, kan?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan