kumparan
3 September 2018 15:19

5 Jurusan Kuliah Favorit Mahasiswa Indonesia di Selandia Baru

Ilustrasi Kehidupan Kuliah (Foto: theodysseyonline.com)
Selandia Baru menjadi salah satu tujuan bagi mahasiswa Indonesia untuk kuliah di luar negeri. Menurut data dari Education New Zealand (ENZ), peningkatan jumlah mahasiswa Indonesia yang kuliah di Selandia Baru mencapai 22 persen pada 2017.
ADVERTISEMENT
Kebanyakan dari mahasiswa Indonesia yang kuliah di Negeri Kiwi itu memilih jurusan yang enggak beda jauh dengan jurusan di kampus di Indonesia. Berikut kumparan rangkum lima jurusan kuliah favorit bagi mahasiswa Indonesia di Selandia Baru.
1. Bisnis
Ilustrasi kuliah bisnis (Foto: Akson/unsplash)
Menurut Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Trevor Matheson, Negara Kiwi itu kian terkenal akan jurusan bisnisnya. Hal ini karena mahasiswanya kian diakui secara internasional, dan memiliki kemampuan praktis untuk bekerja di perusahaan bisnis atau membangun usahanya sendiri.
"Di Selandia Baru, kami akan mendukung mahassiwa untuk berpikir kritis, mengembangkan ide mereka sendiri, dan menerapkannya di situasi bisnis sehari-hari," jelas Matheson ditemui di Media and Alumni Gathering ENZ, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Market Manager Indonesia Education New Zealand (ENZ), Karmela Christy menambahkan, bisnis memang menjadi jurusan yang diminati mahasiswa Indonesia di Selandia Baru dari tahun ke tahun. "Selalu bisnis. Selain karena universitas di Selandia Baru selalu masuk jajaran 450 besar dunia, beberapa jurusannya seperti Bisnis juga masuk 50 teratas," terangnya.
Sementara itu, salah satu lulusan S1 Marketing and International Business dari University of Auckland, Fin Yourdan Kasali, mengatakan Selandia Baru cukup unggul di bidang market research dan test market.
"Auckland itu pusat kota untuk bisnis. Jadi enggak hanya kuliah tapi juga diundang belajar oleh praktisi lokal. Jadi belajar di tempat," kata Fin.
Lebih lanjut berdasarkan laman Find MBA, University of Otago yang terletak di Dunedine, memiliki jurusan Bisnis terbaik di Selandia Baru. Pada 2018, jurusan ini masuk peringkat 200 teratas di seluruh dunia menurut QS dan 4 besar di Oseania menurut Eduniversal.
ADVERTISEMENT
2. Kuliner
Ilustrasi sekolah memasak (Foto: Michael Browning/unsplash)
Selandia Baru juga menjadi tujuan mahasiswa Indonesia untuk belajar memasak atau mendalami bidang kuliner. Beberapa kampus ternama yang memiliki jurusan Kuliner ialah Le Cordon Bleu yang berada di Wellington, New Zealand School of Food and Wine di Christchurch, dan Sileni Estate Culinary School di Auckland.
3. Bahasa Inggris
Suasana kuliah menyenangkan (Foto: Thinkstocks)
Karmela mengatakan banyak mahasiswa Indonesia yang tertarik belajar Bahasa Inggris ke Selandia Baru. "Ternyata banyak yang suka belajar Bahasa Inggris di sana. Ada yang mengambil program sarjana atau diploma, ada yang mengambil shortcourse atau kelas pendek," ucapnya.
Berdasarkan laman Study in New Zealand, kelas-kelas Bahasa Inggris yang populer di Negeri Kiwi itu yakni IELTS, TOEFL, persiapan ujian Cambridge, Bahasa Inggris untuk kuliah dan kerja, serta Bahasa Inggris secara umum.
ADVERTISEMENT
4. Teknik
Ilustrasi kuliah teknik (Foto: Xenia Bogarova/Unsplash)
Selain jurusan Bisnis, Karmela menyebut jurusan Teknik di sejumlah universitas di Selandia Baru juga masuk jajaran 50 teratas di seluruh dunia. University of Auckland dan University of Canterbury menjadi dua universitas yang memiliki jurusan Teknik terbaik di Selandia Baru.
University of Auckland sendiri menduduki peringkat ke-82 pada 2018 menurut laman Top Universities. Sementara University of Canterbury berada di posisi ke 214 di dunia.
5. Geotermal
Kawah gunung berapi (Foto: Pixabay)
Hampir sama seperti Indonesia, Selandia Baru juga memiliki bentang alam yang kaya dengan mayoritas gunung api yang masih aktif. Hal ini membuat Selandia Baru menjadi negara yang unggul di bidang Geotermal.
"Geotermal itu salah satu spesialisnya. Selandia Baru juga punya kerja sama dengan Indonesia, saya pikir lebih dari 20 tahun, dan menjadi partner pertama Indonesia yang membantu di bidang Geotermal," jelas Karmela.
ADVERTISEMENT
University of Auckland menjadi salah satu kampus di Selandia Baru yang memiliki Institut Geotermal sejak 1978.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan