kumparan
27 Apr 2018 18:58 WIB

5 Kampus di Indonesia yang Memiliki Program Double Degree

Ilustrasi kampus. (Foto: Pixabay)
Enggak sedikit dari mahasiswa tergiur dengan program double degree di berbagai kampus. Alasannya, sih, karena program ini dapat memberikan gelar ganda dalam satu periode. Sederhananya, hanya dengan kuliah 3-4 tahun kamu bisa mendapatkan dua gelar sekaligus. Keren, bukan?
ADVERTISEMENT
Nah, buat kamu yang sedang mencari-cari informasi mengenai program ini, berikut kumparan (kumparan.com) rangkum lima kampus di Indonesia yang memiliki program double degree.
1. Universitas Indonesia (UI) Kelas Internasional
Universitas Indonesia (UI). (Foto: Facebook Universitas Indonesia)
Kampus pertama adalah Universitas Indonesia. Melalui kelas Internasionalnya, UI menyediakan program double degree untuk program sarjana dan master dengan universitas mitranya di luar negeri.
Ada beberapa jurusan dan program studi yang masuk ke dalam program double degree ini seperti Teknik Sipil, Teknik Elektro, Mesin, Arsitek, Dokter, hingga Komunikasi.
2. Universitas Gajah Mada (UGM)
Kampus UGM di Yogyakarta (Foto: Dok. Dwita Komala Santi)
Selain UI, UGM juga memiliki program double degree dengan menjalin kerja sama dengan universitas mitra di luar negeri. Seperti dengan The University of Melbourne, Australia, Victoria University of Wellington, University of Groningen, University of Hull, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
3. Universitas Brawijaya (UB)
Universitas Brawijaya Malang (Foto: Flickr/Universitas Brawijaya Malang)
Salah satu Universitas andalan warga Malang ini memiliki program double degree untuk master (S2). Dalam melaksanakan progamnya, UB bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan luar negeri dalam hal pertukaran mahasiswa, dosen, dan penelitian. Nah, ada 20 program studi yang ditawarkan untuk program ini seperti Administrasi Publik, Administrasi Bisnis, Ilmu Tanaman, Ekonomi Pertanian, Teknik Sipil, Manajemen, Fisika, Ilmu Komputer, dan masih banyak lagi.
4. Universitas Airlangga (UNAIR)
Universitas Airlangga (Foto: Facebook Universitas Airlangga)
Enggak mau kalah dengan Universitas Brawijaya (UB), Universitas yang terletak di Surabaya ini juga mengadakan program double degree. Menurut informasi yang dihimpun dari website resmi Universitas Airlangga, terdapat lima program studi yang ditawarkan untuk program ini, seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, hingga Psikologi.
ADVERTISEMENT
5. Universitas Islam Indonesia (UII)
Universitas Islam Indonesia (Foto: Instagram @ uiiyogyakarta)
UII menjadi Universitas Islam pertama di Indonesia yang melaksanakan program double degree. Pada tahun 2015, UII menjalin kerja sama dengan University of Queensland, Australia untuk membuka program double degree dengan program studi bidang Ekonomi (UII) sedangkan program studi Akuntasi dan Bisnis Manajemen (UQ).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan