kumparan
25 Juni 2018 18:05

5 Kampus Indonesia yang Masuk Daftar Universitas Terbaik Dunia

Ilustrasi kampus. (Foto: Pixabay)
Baru-baru ini, QS World University Ranking merilis daftar universitas terbaik dunia untuk tahun 2018-2019.
ADVERTISEMENT
Daftar ini menampilkan 1.000 universitas terbaik dari 85 negara berdasarkan enam indikator, yaitu reputasi akademik, reputasi lulusan, rasio fakultas dan mahasiswa, kutipan jurnal ilmiah, fakultas internasional dan mahasiswa internasional.
Ternyata, dari daftar universitas terbaik itu ada beberapa universitas di Indonesia yang masuk, lho. Apa saja?
1. Universitas Indonesia (UI)
Universitas Indonesia (UI). (Foto: Facebook Universitas Indonesia)
Perguruan Tinggi yang terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat ini menjadi salah satu kampus di Indonesia yang masuk ke dalam daftar universitas terbaik dunia versi QS World University Ranking. Menempati peringkat ke 277, UI bahkan mengalahkan peringkat University of South Australia yang ada di peringkat 279.
2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
Perpustakaan ITB. (Foto: Wikimedia Commons)
Kampus selanjutnya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Kampus yang diresmikan pada 2 Maret 1959 ini menempati peringkat 331 di dunia. Jika dibandingkan dengan UI, peringkat ini masih jauh di bawah UI.
ADVERTISEMENT
3. Universitas Gadjah Mada (UGM)
Kampus UGM di Yogyakarta. (Foto: Dwita Komala Santi)
Kampus UGM yang terletak di Yogyarakta menjadi universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka. Kampus ini juga menempati peringkat 401-410 di dunia untuk tahun 2018. Peringkat ini naik dari tahun 2017 yang hanya berada di posisi 501-550.
4. Universitas Airlangga
Universitas Airlangga (Foto: Facebook Universitas Airlangga)
Universitas yang terletak di Surabaya, Jawa Timur, ini menduduki peringkat 701-750 di dunia untuk tahun 2018. Peringkat ini nampaknya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.
5. Institut Pertanian Bogor (IPB)
Gedung Rektorat IPB. (Foto: IPB.ac.id)
Untuk tahun 2018, Institut Pertanian Bogor (IPB) berada di peringkat 751-800. Peringkat ini turun dari tahun 2017 yang berada di posisi 701. Meski begitu, peringkat IPB berada di atas Brigham Young University, Amerika Serikat, dan Edith Cowan University, Australia.
ADVERTISEMENT
Itulah lima kampus di Indonesia yang masuk daftar universitas terbaik dunia versi QS World University Ranking. Dari kelima kampus itu, apakah kampus kamu masuk dalam salah satu daftar tersebut?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan