kumparan
search-gray
Entertainment13 Juli 2019 15:19

5 Kebiasaan Buruk yang Biasa Dilakukan Anak Kos

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi kamar kos
Ilustrasi kamar kos. Foto: Dok. kost Jakarta
Memasuki masa perkuliahan baru, banyak para mahasiswa baru yang mulai mencari tempat tinggal alias kosan di sekitar kampus. Selain banyak dilakukan oleh mahasiswa rantau, ternyata mahasiswa yang sebenarnya punya rumah enggak jauh-jauh amat dari kampus, juga ngebet jadi anak kos. Tujuan ngekos pun bermacam-macam, mulai dari supaya lebih dekat dengan kampus, alasan efisiensi waktu, hingga kebebasan.
ADVERTISEMENT
Ngekos juga berfungsi melatih kamu supaya kamu bisa mandiri, secara kamu kan jauh dari rumah, jadi mau enggak mau harus mengurus diri sendiri.
Namun, enggak selalu berjalan sempurna, memilih untuk ngekos juga punya sisi negatif, lho. Mau tahu apa saja kebiasaan buruk yang terjadi kalau kamu ngekos?
  1. Selalu terlambat
Kamu tahu kalau kampus kamu dekat dari kosan, paling lama 5 sampai 10 menit lah kira-kira. Tapi sayangnya, kamu jadi menyepelekan waktu untuk masuk kelas perkuliahan. Kamu jadi selalu menunda waktu keberangkatanmu. Alhasil, kamu masuk kelas jadi terlambat dan absen deh.
Padahal, rata-rata maksimal absen atau ketidakhadiran mahasiswa itu cuma 3 kali, lho.
  1. Suka begadang
Karena kosan di dekat kampus itu kebanyakan adalah mahasiswa, kalau kamu ngekos, kamu akan dikelilingi banyak mahasiswa dari berbagai jurusan atau jurusan yang sama.
ADVERTISEMENT
Hal itu jadi bikin kamu semakin bebas bermain dari pagi sampai pagi lagi sama mereka, soalnya kalau kamu di rumah pasti orang tuamu melarang. Beruntungnya karena kamu ngekos, kamu jadi bebas deh mau pulang jam berapa aja.
Sayangnya, terlalu longgarnya waktu bermain bikin kamu lupa waktu dan kamu jadi sering begadang. Kebanyakan begadang bisa membuat kamu kurang waktu tidur dan sakit, lho.
Kamu juga jadi enggak produktif waktu berada di kelas, bawaannya ngantuk dan menguap terus~
  1. Skip kelas
Gunanya ngekos sebenarnya supaya kamu enggak terlambat masuk kelas, sayangnya kebanyakan malah kebalikannya. Karena kebanyakan bermain dan begadang, kamu jadi lupa buat bangun dan mengikuti kelas di pagi atau siang hari.
ADVERTISEMENT
Entah kamu udah pasang alarm tapi kamu matikan atau kamu emang lupa pasang alarm, intinya kamu jadi skip kelas pada hari itu. Yang bahaya kalau absen kamu udah mentok, dan kamu malah enggak bisa absen karena enggak kebangun. Alamat kamu harus mengulang kelas itu semester depan, deh! Duh, jangan sampai kayak gitu, ya.
  1. Kosan jadi basecamp
Buat teman-teman kamu yang enggak ngekos, selagi menunggu kelas selanjutnya, kebanyakan pasti bakalan mampir ke kosan kamu buat numpang tidur atau beristirahat. Alhasil, kamar kamu jadi berantakan kayak kapal pecah. Sedangkan teman-temanmu hanya sedikit yang punya rasa kepedulian buat ikut membersihkan.
Kamar kosan kamu selalu ramai dari pagi sampai malam, kadang kamu jadi enggak ada privasi atau waktu buat ngerjain tugas, deh.
ADVERTISEMENT
  1. Boros
Ini yang banyak terjadi di kota-kota besar, uang jajan yang dikasih orang tua kamu buat ditabung, malah udah habis duluan sebelum waktunya. Karena kamu hanya menghabiskan waktu di dalam kosan, bawaannya laper dan pengen ngemil terus, kamu pun harus mengeluarkan uang khusus buat cemilan kamu itu.
Belum lagi kalau kamu diajak pergi sama teman kamu, mau enggak mau kan kamu harus keluar ongkos juga, tuh.
Hasilnya, tanggal tua sebelum waktunya itu bikin kamu makan makanan yang enggak sehat terus karena harganya murah. Makan kamu enggak teratur karena sayang mengeluarkan uang yang udah semakin menipis itu.
Sebenarnya, semua itu balik lagi ke kamu sendiri. Jika tujuan awal kamu ngekos demi peningkatan dan berdampak pada kuliahmu, maka fokus dan tanggung jawab dengan keputusan itu. Intinya, jangan bikin orang tua kecewa karena sudah memberi kepercayaan pada kamu.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white