kumparan
15 September 2017 15:35

5 Kisah Inspiratif Tunawisma yang Punya Bakat Luar Biasa

Ilustrasi Tunawisma
Ilustrasi tunawisma. (Foto: Pixabay)
Jangan menilai buku dari sampulnya. Mungkin istilah ini cocok bagi lima tunawisma dengan bakat yang luar biasa. Tampilan sebagai tunawisma yang sering terlihat lusuh ternyata menyembunyikan bakat terpendam mereka di bidang seni bahkan olahraga.
ADVERTISEMENT
Meski tidak memiliki tempat tinggal, namun tidak menghentikan semangat para tunawisma ini untuk tetap bertahan dan melanjutkan hidup mereka. Dengan bakat terpendam yang dimiliki beberapa tunawisma ini bahkan bisa meraih kesuksesan dan mengubah hidup mereka.
1. Sung Bong Choi
Video
Nama pria asal Korea Selatan ini mencuat setelah ia tampil sebagai peserta dalam ajang pencarian bakat 'Korea's Got Talent' pada 2011. Saat itu ia berusia 22 tahun dan mengaku sudah menjadi tunawisma sejak usia 5 tahun. Untuk mendapatkan uang Bong Choi menjual permen karet dan minuman bernergi. Ia juga tinggal di toilet umum dan tempat lain sebagai 'rumah tinggalnya'.
Namun siapa menduga, Bong Choi punya suara opera nan merdu yang membuat para juri 'Korea's Got Talent' menitikkan air mata. Ia sukses menjuarai kompetisi itu sebagai runner up dan sejak saat itu kehidupannya berubah.
ADVERTISEMENT
Bong Choi saat ini dikenal sebagai penyanyi opera yang terkenal di Korea bahkan sudah berhasil merilis album dan tampil dalam berbagai acara kenegaraan.
2. Robbie Hance
Video
Saat melakukan audisi untuk 'The X Factor UK 2012', Robbie Hance sudah menjadi tunawisma selama 6 tahun. Ia membawakan lagu berjudul Coconut Skins milik Damien Rice dan sukses menghipnotis juri dan penonton yang hadir.
Sayangnya jejak Hance terhenti di babak penyisihan saat konflik terjadi di antara peserta yang mengatakan Hance jarang ikut berlatih dengan mereka.
Produser acara itu juga mengungkap, beberapa mantan teman Hence memberikan informasi bahwa Hence punya catatan kriminal, termasuk pencurian di rumah temannya yang membuat ia berurusan dengan polisi.
ADVERTISEMENT
3. Jhalanie Machan
Tak jelas sejak kapan wanita paruh baya ini tinggal di jalanan Manila, Filipina. Ia menggantungkan hidupnya dengan mengumpulkan sampah. Namun suatu hari, Machan menemukan sisa barang-barang seniman yang kemudian ia kumpulkan.
Pada 2015 seorang netizen bernama Mae Katibog bertemu dengan Machan yang sedang melukis. Karena terpesona dengan hasil karyanya, Katibog mengunggah foto Machan ke dalam akun Facebooknya dan mengungkap betapa berbakatnya wanita ini.
Postingan itu viral dan mengundang seniman lokal Coco Torre yang kemudian memberikan kesempatan bagi Machan untuk menggelar pameran pertamanya. Dalam pameran ini, Machan sukses menjual total 31 karya seninya.
4. Michael Oher
Video
Pemain olahraga keras American Football ini sangat menginspirasi banyak orang. Ia merupakan satu dari 12 anak yang dibesarkan sang ibu Denise Oher. Hidup dengan Ibu yang ketergantungan kokain dan Ayah yang terus menerus keluar masuk penjara membuat Oher memilih tinggal sebagai tunawisma.
ADVERTISEMENT
Saat ia berada di bangku SMP, Oher sudah sangat tertarik menjadi pemain American Football. Dengan latihan keras, berbagai beasiswa pun ia dapatkan hingga bisa bermain di liga nasional.
Kisah Oher ini pun dibuat sebuah film berjudul 'The Blind Side'.
5. Ted Williams
Video
Ted Williams, atau dikenal juga dengan sebuatan pria bersuara emas mengguncang Amerika dengan suara merdunya. Ia mendapat banyak perhatian netizen setelah sebuah interview dengan media Dispatch viral pada 2011.
Saat itu Williams menjadi seorang tunawisma karena terlibat ketergantungan narkoba dan alkohol yang menghancurkan hidupnya.
Setelah video tersebut tayang di berbagai televisi, Williams akhirnya mendapat tawaran pekerjaan sebagai penyiar radio. Saat ini Williams masih bekerja sebagai pengisi suara, penyiar radio bahkan sudah menulis autobiografi hidupnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan