kumparan
18 Oktober 2018 17:38

5 Komunitas Relawan yang Bisa Kamu Ikuti dengan Fokus yang Berbeda

Ilustrasi komunitas. (Foto: Thinkstock)
Di tengah kesibukan mengejar ambisi masing-masing, entah dalam pendidikan atau karier, meluangkan waktu, tenaga dan berbagi rezeki untuk orang lain menjadi salah satu tindakan mulia yang seringkali luput dilaksanakan.
ADVERTISEMENT
Meski sederhana, namun enggak banyak orang yang mau dan mampu melakukannya, terlebih kegiatan sosial ini enggak punya tujuan komersil sama sekali.
Nah, untuk mengisi waktumu agar lebih bermakna, enggak ada salahnya jika kamu ikut terlibat dalam kegiatan sosial atau menjadi anggota relawan suatu komunitas.
Berikut kumparan rangkum lima komunitas relawan yang bisa kamu ikuti dengan fokus dan bidang yang berbeda.
1. Ayo Dongeng Indonesia
Loading Instagram...
Didirikan pada 3 Desember 2011, Ayo Dongeng Indonesia adalah sebuah komunitas yang berfokus untuk trauma healing anak-anak dalam kegiatan pascabencana, mendongeng ke Rumah Sakit, mendongeng untuk anak-anak di Taman Bacaan, Rumah Singgah, dan kegiatan sosial lainnya.
Dengan mendongeng, para Relawan Dongeng akan berbagi cerita untuk keceriaan, motivasi, inspirasi dan imajinasi.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari situs resmi ayodongengindonesia.com, hingga saat ini terdapat 30 Relawan Dongeng di wilayah Jabodetabek yang berasal dari beragam profesi mulai dari guru, pekerja kantoran hingga mahasiswa dan pelajar yang masih sekolah.
2. Pandu Lisanè
Loading Instagram...
Lewat hashtag #HelpPeopleHelpYourself, Pandu Lisanè mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dalam tentang dunia disabilitas dan tidak sungkan untuk tetap berkomunikasi dengan teman-teman disabilitas.
Komunitas yang baru saja didirikan pada 6 Mei lalu ini juga punya misi untuk membangun lingkungan yang inklusif bagi teman-teman disabilitas. Untuk info selengkapnya, kamu bisa cek di laman instagram mereka di @pandulisane.
3. Bee-Youth! (Be Environmental Youth!)
Loading Instagram...
Komunitas yang terdiri dari mahasiswa dan alumni Institut Pertanian Bogor ini punya fokus dalam mengkampanyekan lingkungan lewat pendidikan.
ADVERTISEMENT
Beberapa kampanye telah digalakkan oleh komunitas ini beberapa di antaranya adalah mengenai peran serangga bagi manusia, dengan hashtag #KetikaSeranggadiHidupmu, dan aksi sosial lainnya seperti donasi buku dan daur ulang sampah botol plastik.
4. Teman Berbagi
Dikutip dari Indorelawan.org, Teman Berbagi adalah komunitas yang bergerak di bidang edukasi dan kewirausahaan yang ditujukan untuk anak yatim piatu dan dhuafa.
Tujuan didirikan Teman Berbagi adalah untuk meningkatkan daya saing anak panti asuhan melalui program edukasi yang berbasis soft-skill dan kegiatan pengembangan jiwa kewirausahaan.
Dengan semangat #BerbagiKebaikan dan #BerbagiSemangat, komunitas Teman Berbagi juga mengajak kamu yang punya jiwa sosial, menyukai anak-anak, dan berdomisili di Bandung untuk menjadi volunteer Teman Berbagi.
5. Sahabat Bicara
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Komunitas yang peduli terhadap isu kesehatan mental, kesetaraan gender dan perempuan ini, punya tujuan untuk membantu proses pemulihan para penyintas atau survivor kekerasan dalam hubungan pacaran.
Didirikan pada tujuh bulan lalu, tepatnya 12 Maret, komunitas ini bertindak sebagai support system untuk para penyintas dengan mengusung kampanye #pedulimendengar.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan