kumparan
search-gray
Entertainment3 Januari 2018 13:58

5 Musisi yang Mengalami Kerusakan serta Kehilangan Jarinya

Konten Redaksi kumparan
5 Musisi yang Mengalami Kerusakan serta Kehilangan Jarinya (84390)
Ilustrasi musisi (Foto: Pexels)
Ketidaksempurnaan fisik yang dimiliki para musisi ini tidak lantas membuat kemahiran mereka dalam memainkan instrumen musik serta menciptakan karya menjadi patut untuk dipertanyakan. Bahkan, kekurangan ini tidak menghalangi mereka untuk menyajikan penampilan yang ciamik untuk para penggemarnya.
ADVERTISEMENT
Siapa saja musisi tersebut? Berikut ini, kumparan (kumparan.com) punya rangkuman tentang lima musisi yang kehilangan dan mengalami kerusakan pada jarinya yang dikutip dari laman Paste Magazine.
1. Jerome John Garcia
Musisi yang juga dikenal akibat kiprahnya bersama band rock The Grateful Dead ini ternyata sempat mengalami kecelakaan semasa kecilnya yang menyebabkan dua per tiga jari tengah tangan kanannya hilang. Garcia mengalami hal tersebut karena secara tidak sengaja meletakkan tangannya pada alas yang sedang digunakan untuk membelah kayu dengan kapak oleh sang kakak.
2. Jean “Django” Reinhardt
Jean merupakan gitaris beraliran jazz asal Prancis yang sudah memulai karier bermusiknya sejak usia 13 tahun. Ia dikenal dengan permainan gitar khas yang hanya menggunakan tiga jari saat menekan kunci-kunci gitar, karena kelumpuhan yang dialaminya.
ADVERTISEMENT
Saat usianya 18 tahun, Jean mengalami kecelakaan yang cukup fatal karena menyandung lilin yang kemudian jatuh ke sebuah gerobak yang penuh dengan bahan-bahan yang mudah terbakar. Hal itu menyebabkan dirinya mengalami luka bakar yang serius hingga jari ketiga dan keempat pada lengan kirinya menjadi lumpuh.
3. Malcolm John “Mac” Rebennack, Jr.
Musisi yang lebih dikenal dengan nama Dr. John ini merupakan pianis, penyanyi, serta penulis lagu yang sempat memenangkan penghargaan dari Grammy. Namun, siapa sangka kalau Dr. John, yang awalnya adalah seorang gitaris, terpaksa harus menjadi seorang pianis karena kecelakaan yang dialaminya?
Kejadian tersebut terjadi pada 1960 saat dirinya menyelamatkan teman satu bandnya yang akan ditembak oleh seseorang sebelum naik ke panggung. Dr. John dengan sigap mencoba menggagalkan usaha penembak tersebut, namun berakhir mencederai jari tangan kiri Dr. John.
ADVERTISEMENT
4. Anthony Frank “Tony” Iommi
Anthony merupakan salah satu pendiri serta gitaris dari band Heavy Metal kenamaan, Black Sabbath. Saat dirinya berusia 17 tahun, Anthony mengalami kecelakaan di sebuah pabrik metal yang menyebabkan jari manis dan tengah di lengan kanannya sebagian hilang.
Akibat hal tersebut, Anthony sempat disarankan oleh bosnya pada saat itu untuk bermain gitar dengan menirukan gaya Jean “Django” Reinhardrt. Selain itu, gitaris kidal ini bahkan sempat mencoba untuk bermain gitar dengan tangan kanan namun gagal.
Anthony akhirnya menggunakan jari-jari palsu untuk membantunya dalam menekan kunci-kunci nada pada permainan gitarnya.
5. Theodore Roosevelt “Hound Dog” Taylor
Theodore merupakan musisi blues asal kota Chicago, Amerika Serikat, yang dikenal dengan musik up-tempo, serta pemainan gitar “slide”nya. Namun, berbeda dengan keempat gitaris sebelumnya, Theodore tidak mengalami kecelakaan apapun yang menimpa jarinya.
ADVERTISEMENT
Dia justru sengaja mengamputasi salah satu jari kakinya yang jumlahnya berlebih karena kelainan bernama polidaktil. Proses amputasi tersebut dilakukannya suatu malam saat dirinya sedang berada pada pengaruh alkohol, dengan menggunakan sebuah pisau cukur.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white