Entertainment
·
27 September 2018 10:27

5 Prospek Karier bagi Lulusan Jurusan Kuliah Arsitektur

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Prospek Karier bagi Lulusan Jurusan Kuliah Arsitektur (116986)
Arsitek sedang menggambar. (Foto: Pixabay/Andreas)
Tiap jurusan kuliah yang ada di Fakultas Teknik sudah dikenal memiliki prospek karier yang menjanjikan di masa depan. Enggak terkecuali jurusan kuliah Arsitektur, yang ternyata menawarkan pilihan karier selain menjadi seorang arsitek.
ADVERTISEMENT
Ya, lulusan jurusan kuliah Arsitektur enggak melulu menjadi seorang arsitek. Ilmu soal ruang, bangunan, fisika, sampai seni. Berikut lima prospek karier bagi lulusan jurusan kuliah Arsitektur, menurut laman Top Universities.
1. Arsitek
Profesi ini memang yang paling identik bagi mahasiswa jurusan kuliah Arsitektur. Kebanyakan mahasiswa Arsitektur juga memilih jurusan kuliah tersebut karena ingin menjadi seorang arsitek. Sebagai arsitek, tugasmu yakni berhubungan dengan klien untuk mewujudkan bangunan impiannya.
2. Desainer Interior
Sebagai seorang desainer interior, tugasmu adalah merancang dan 'menghidupkan' sebuah ruangan di dalam kantor atau rumah. Di sini, kreativitas kamu sangat dibutuhkan untuk menciptakan nuansa berbeda di sebuah ruangan. Seorang desainer interior biasanya bekerja untuk restoran, iklan, atau menyusun latar tempat di acara televisi.
ADVERTISEMENT
3. Perencana kota
5 Prospek Karier bagi Lulusan Jurusan Kuliah Arsitektur (116987)
Lanskap Kota Florence, Italia (Foto: Pixabay)
Bila kamu tertarik di pengembangan, regenerasi, dan keberlanjutan, mungkin profesi sebagai perencana kota cocok untukmu. Kamu akan merancang dan mengembangkan daerah pedesaan, lingkungan perumahan, sampai tata kota. Peran seorang perencana kota sangat penting, sebab kamulah yang menyeimbangkan antara populasi manusia, lingkungan, sampai ekonomi.
4. Inspektur bangunan bersejarah
Seorang inspektur bangunan bersejarah bekerja untuk mempromosikan pelestarian lingkungan bersejarah, serta membantu melindungi dan meningkatkan nilai sejarah, budaya, dan arsitektur sebuah bangunan. Profesi ini cocok untuk kamu yang juga suka sejarah dan jalan-jalan, karena kamu akan sering mengunjungi situs bersejarah.
5. Surveyor bangunan
Bila selama kuliah kamu menyukai mata kuliah Desain dan Konstruksi Bangunan, maka profesi auditor bangunan bisa jadi cocok untukmu. Sebagai auditor bangunan, tugasmu ialah melestarikan, memodifikasi, memperbaiki, merenovasi, sampai memulihkan bangunan yang ada. Peranmu juga dibutuhkan untuk mengambil langkah-langkah konkret dalam perawatan agar sebuah bangunan terjaga dan berkelanjutan.
ADVERTISEMENT