Buzz
·
30 Oktober 2018 11:43

5 Prospek Karier untuk Lulusan Jurusan Kuliah Geografi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Prospek Karier untuk Lulusan Jurusan Kuliah Geografi (158980)
Ilustrasi peta dunia (Foto: Shutterstock)
Geografi adalah jurusan kuliah yang mempelajari tata ruang penggunaan dan penempatan tanah dan permukaan bumi. Namun mahasiswa di jurusan kuliah ini juga belajar tentang konteks budaya dan alam, untuk mengeksplorasi hubungan antara manusia dan sebuah tempat.
ADVERTISEMENT
Sebagai jurusan kuliah yang berada di rumpun saintek, lingkup Geografi cukup luas. Karenanya, pilihan karier bagi lulusannya pun beragam. Berikut pilihan karier bagi lulusan jurusan kuliah Geografi, seperti dikutip dari laman Top Universities.
1. Kartografer
5 Prospek Karier untuk Lulusan Jurusan Kuliah Geografi (158981)
Peta Amerika Serikat (Foto: Google Maps)
Sebagai kartografer, kamu akan berurusan dengan pengembangan dan pembuatan berbagai jenis peta. Seorang kartografer juga melakukan pemulihan terhadap peta lama dan dokumen historis. Kartografer bekerja dalam berbagai bidang, termasuk penerbitan, pemerintahan, survei, dan konservasi. Saat ini, kartografer juga menggunakan teknologi canggih, seperti sistem informasi geografis (SIG) dan teknik pemetaan digital.
2. Konsultan lingkungan
5 Prospek Karier untuk Lulusan Jurusan Kuliah Geografi (158982)
Dinas Lingkungan Hidup bersihkan sampah di Muara Angke, Jakarta Utara (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)
Konsultan lingkungan bekerja untuk memastikan bahwa perusahaan-perusahaan besar, baik swasta atau pemerintah, mematuhi peraturan, dan mengatasi berbagai masalah lingkungan. Biasanya konsultan lingkungan fokus kepada identifikasi suatu lahan, udara atau air tercemar, dan apa dampaknya.
ADVERTISEMENT
3. Perencana kota
5 Prospek Karier untuk Lulusan Jurusan Kuliah Geografi (158983)
Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta Premi Lasari di Balai Kota, Jumat (19/10/2018). (Foto: Moh Fajri/kumparan)
Sebagai perencana kota, kamu akan berurusan dengan pengembangan kota, dan daerah pedesaan. Keterampilan analitis dan pengetahuanmu tentang lingkungan digunakan untuk meningkatkan infrastruktur yang ada dan menemukan solusi untuk masalah lingkungan, serta memastikan perkembangan baru sejalan dengan berbagai kebijakan dan peraturan.
4. Petugas konservasi
5 Prospek Karier untuk Lulusan Jurusan Kuliah Geografi (158984)
Pekerja Dinas Lingkungan Hidup membersihkan sampah di sungai belakang permukiman warga samping rel kereta di Jalan Tanjung Selor, Jakarta Pusat, Sabtu (27/10/2018). (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)
Kalau kamu memiliki minat tinggi terhadap lingkungan dan ingin mendorong orang lain untuk menghargai dan melindungi alam, kamu mungkin cocok menjadi petugas konservasi. Dalam karier ini, kamu akan bekerja untuk melindungi alam dan meningkatkan kesadaran gaya hidup berkelanjutan.
5. Petugas sistem informasi geografis
5 Prospek Karier untuk Lulusan Jurusan Kuliah Geografi (158985)
Peta peningkatan curah hujan di akhir bulan Oktober. (Foto: Dok. BMKG)
Bila kamu lebih tertarik untuk bekerja dengan data, analisis, dan sistem komputer, maka profesi ini bisa jadi pilihan tepat untukmu. Sistem informasi geografis (SIG) adalah sistem komputerisasi yang digunakan untuk pengumpulan, penyimpanan, analisis, manajemen, dan penyajian informasi geografis yang rumit, misalnya adalah radar. Petugas sistem informasi geografis melakukan pengumpulan dan pemeriksaan data geografis yang dihasilkan oleh GIS. Nantinya, data yang dikumpulkan dapat diterapkan di berbagai bidang, seperti pertahanan, meteorologi, minyak, gas, telekomunikasi dan transportasi, atau untuk membuat keputusan yang bermanfaat bagi lingkungan.
ADVERTISEMENT