kumparan
9 Februari 2018 19:46

5 Rekomendasi Lagu Shoegaze untuk Kamu Dengar

Piringan Hitam
Rekaman Musik (Ilustrasi) (Foto: Unsplash)
Shoegaze dikenal dengan karakter musiknya yang kental dengan penggunaan efek gitar serta vokal dengan artikulasi yang tidak terlalu jelas serta berdengung. Kalau penasaran sama sejarah singkatnya, kamu bisa baca di sini.
ADVERTISEMENT
Nah, setelah baca tulisan tersebut, biar enggak penasaran seperti apa sebenarnya musik shoegaze, berikut ini, kumparan (kumparan.com) punya lima rekomendasi lagu beraliran shoegaze yang bisa coba kamu nikmati.
1. 'Pearly Dewdrops' Drops' - Cocteau Twins
Video
"Pearly Dewdrops' Drops" merupakan sebuah single dari band asal Skotlandia, Cocteau Twins. Lagu ini dirilis pada tahun 1984 dalam mini album mereka yang berjudul 'The Spangle Maker'. Track berdurasi 4 menit 19 detik ini sempat menduduki urutan pertama pada tangga lagu indie Britania Raya.
2. 'Only Shallow' - My Bloody Valentine
Video
Lagu yang satu ini ada pada salah satu album kenamaan mereka yang bertajuk 'Loveless' pada 1991, dan ditempatkan sebagai track pembuka sekaligus single kedua dari album tersebut. 'Only Shallow' direkam dengan menggunakan teknik gitar 'glide', yang menghasilkan suara unik.
ADVERTISEMENT
3. 'When The Sun Hits' - Slowdive
Video
Track berdurasi 4 menit 47 detik itu, terdapat pada album studio kedua mereka yang bertajuk 'Souvlaki' yang dirilis pada tahun 1993. 'When The Sun Hits' merupakan lagu yang ditulis oleh gitaris dan vokalis Slowdive, Neil Halstead.
4. 'Never Lose That Feeling' - Swervedriver
Video
'Never Lose That Feeling' merupakan salah satu track yang terdapat pada mini album Swervedriver dengan tajuk yang sama. Lagu tersebut dirilis pada Mei 1992, di bawah label Greenhouse Studio.
5. 'Happy When It Rains' - The Jesus And Mary Chain
Video
The Jesus and Mary Chain merilis 'Happy When It Rains' pada album kedua mereka yang bertajuk 'Darklands' pada tahun 1987. Lagu ini sempat menduduki posisi ke-25 pada UK Single Chart.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan