kumparan
Entertainment4 Januari 2018 10:36

5 Situs Crowdfunding untuk Membantu Mewujudkan Proyek dan Ide Kamu

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi Donasi
Ilustrasi donasi. (Foto: Pixabay)
Ide berlimpah yang dimiliki anak muda terkadang harus gagal diwujudkan karena urusan biaya. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, saat ini, potensi untuk mewujudkan ide-ide tersebut semakin memungkinkan untuk terjadi.
ADVERTISEMENT
Saat ini, istilah crowdfunding sudah banyak dikenal oleh masyarakat, khususnya anak muda, sebagai salah satu cara untuk mewujudkan proyek-proyek sosial dan kemanusiaan.
Melalui beberapa situs tertentu yang menerapkan sistem seperti penggalangan dana, proyek serta ide-ide bermanfaat yang dimiliki bisa mendapatkan bantuan dana dari orang-orang yang ada hampir di seluruh dunia.
Lalu, situs apa saja yang bisa kalian gunakan untuk menggalang dana? Berikut ini, kumparan (kumparan.com) punya daftar lima situs crowdfunding yang bisa kamu gunakan untuk membantu proyek serta ide kalian.
1. Kitabisa
Kitabisa (kitabisa.com) merupakan salah satu situs penggalangan dana yang paling terkenal di Indonesia. Didirikan pada tahun 2013, KitaBisa sempat dijadikan platform penggalangan dana untuk beragam donasi kemanusiaan serta proyek besar, salah satunya adalah untuk pesawat R80.
ADVERTISEMENT
2. Gandengtangan
Bila crowdfunding pada dasarnya adalah memberi, gandengtangan.com menawarkan platform untuk peminjaman dana bagi para pemilik usaha untuk mendapatkan modal melalui metode yang sering disebut dengan nama crowdlending.
3. Indiegogo
Diluncurkan pada tahun 2008, komunitas Indiegogo (Indiegogo.com) disebut-sebut sudah membantu lebih dari 800 ribu ide inovatif yang tersebar di seluruh dunia. Platform ini mengizinkan kamu menggalang dana untuk ide kreatif, amal, hingga usaha start-up.
4. Kickstarter
Situs crowdfunding yang berasal dari Amerika Serikat ini memiliki misi untuk “membantu membawa proyek kreatif jadi nyata”. Menurut laporan, hingga saat ini, Kickstarter telah berhasil menggalang 1,9 juta dolar Amerika Serikat (Rp 25,5 miliar), yang didapatkan dari 9,4 juta pemberi dana, untuk 257 ribu proyek kreatif.
ADVERTISEMENT
5. Kolase
Kolase dikenal sebagai situs crowdfunding pertama yang secara spesifik ditujukan untuk “menghubungkan artist dan audiens dalam kolaborasi seni”. Di platform tersebut, kamu bisa memilih beberapa kategori penggalangan, di antaranya seperti album, acara live, konser, serta amal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan