kumparan
17 Maret 2018 14:25

5 Sneaker Kolaborasi Vans Termahal Sepanjang Masa

Vans x Kaws x The Simpsons Chukka Photographer
Vans x Kaws x The Simpsons Chukka Photographer (Foto: Dok. Vans)
Beberapa tahun ke belakang, industri sneaker memang lagi naik daun. Banyak sekali kolaborasi-kolaborasi seru antara merek sneaker dengan beberapa artis hingga musisi dunia. Makanya enggak heran, sneaker dengan edisi terbatas banyak diburu para sneakerhead (penggila sneaker).
ADVERTISEMENT
Tak terkecuali dengan Vans. Merek sneaker yang identik dengan olahraga ekstrem ini beberapa kali melakukan kolaborasi dengan merek streetwear, musisi, hingga band rock legendaris dunia. Akibatnya, beberapa produknya memiliki nilai jual yang cukup mahal. Dilansir Allsole, berikut lima sneaker kolaborasi Vans termahal sepanjang masa.
1. Vans x Fear of God Era 95 (2016) = Rp 15,8 Juta
Sneaker kolaborasi antara Vans dan Fear of God ini dirilis untuk memperingati perayaan 50 tahun dari model Sk8-Hi dan Authentic. Meski memiliki desain yang sederhana, sneaker kolaborasi ini dirilis dengan stok yang terbatas. Makanya enggak heran, kenapa sneaker Vans x Fear of God Era 95 ini menjadi sneaker kolaborasi paling mahal di pasaran. Dulu sneaker ini dibanderol seharga 1150 dolar Amerika Serikat atau setara Rp 15,8 juta. Sekarang, harga pasarnya tentu lebih tinggi dari itu.
ADVERTISEMENT
2. Vans x Supreme x Public Enemy Sk8-Hi – Black (2006) = Rp 13,7 Juta
Sneaker kolaborasi Vans termahal kedua adalah Vans x Supreme x Public Enemy. Mengambil model Sk8-Hi, sneaker ini menampilkan warna hitam dominan dengan tampilan desain bertema 'Fight the Power', yang terinspirasi dari lagu Public Enemy di tahun 1990.
3. Vans x Supreme Authentic Red Checker Logo (2016) = Rp 13,7 Juta
Mengambil motif kotak-kotak khas Vans dengan logo ikonik Supreme, sneaker kolaborasi ini langsung ludes dalam hitungan jam sejak diluncurkan. Bisa dibilang, sneaker yang dibanderol seharga Rp 13,7 juta ini menjadi salah satu sneaker kolaborasi Vans terbaik sampai saat ini.
4. Vans x KAWS x The Simpsons Chukka Boot (2007) = Rp 9,6 Juta
ADVERTISEMENT
Koleksi sneaker kolaborasi antara The Simpons x Vans yang dirilis pada tahun 2007 melibatkan sejumlah penggila seni berbakat seperti Neck Face, STASH, hingga KAWS. Namun, sneaker kolaborasi dengan KAWS menjadi sneaker yang paling banyak diminati. Saat dirilis pertama dirilis, sneaker ini dibanderol dengan harga Rp 9,6 juta.
5. Vans x Supreme x Public Enemy Sk8-Hi SL (2006) = Rp 6,8 Juta
Vans dan Supreme memiliki sejarah kolaborasi yang panjang. Lebih dari 20 tahun, keduanya telah menghasilkan berbagai koleksi kolaborasi. Namun, pada tahun 2006 keduanya bersama dengan group musik hip hop asal Amerika Serikat, Public Enemy, membuat sneaker kolaborasi yang begitu apik. Mengambil model dari Sk8-Hi, sneaker kolaborasi itu mengambil dua warna sekaligus. Sneaker ini dibanderol dengan harga Rp 6,8 juta.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan