kumparan
20 Juni 2019 10:12

9 Cara Move On Setelah Putus sama Pacar

Ilustrasi pasangan bertengkar
Ilustrasi mantan pacar. Foto: Shutterstock
Setelah menimbang dan berpikir dengan matang, kamu merasa sudah enggak ada kecocokan lagi dengan pacarmu. Kamu pun mengambil langkah berani dengan memutuskan untuk enggak lagi menjalin hubungan asmara dengannya.
ADVERTISEMENT
Tapi, jujur, deh, meskipun kamu yang menyudahi hubungan, bukan berarti kamu terbebas dari rasa sedih dan galau. Apalagi kalau hubungan kamu sudah terjalin cukup lama dengan dia. Sedih, marah, kecewa, itu semua wajar, kok!
Bagaimanapun juga, pacar yang sekarang jadi mantanmu itu pernah jadi orang yang spesial dalam hidupmu. Lalu bagaimana caranya move on setelah kamu mutusin pacar duluan? Dilansir The Odyssey, berikut ada sembilan cara yang bisa kamu praktikkan!
1. Ciptakan jarak di antara kalian
Enggak salah, kok, untuk membuat sekat di antara kalian setelah putus. Meskipun akan sangat sulit, tapi ini harus dilakukan. Kalau bisa, hide dulu sementara semua media sosial mantanmu itu. Enggak usah dengerin anggapan yang bilang tindakanmu ini kekanak-kanakan. Kalau ini adalah salah satu cara terbaik menurutmu untuk move on, lakukan saja!
ADVERTISEMENT
2. Ingat alasan kamu putus
Pikirkan kembali alasan kuat kenapa kamu memilih untuk putus dari mantan. Kamu bahkan bisa menuliskan semua unek-unek dan isi perasaanmu, agar memudahkan kamu untuk mengingat kenapa kamu akhirnya rela melepas hubungan ini.
3. Sibukkan diri
Kelilingi dirimu dengan teman dan keluarga. Isilah waktumu dengan aktivitas yang membuatmu tidak memikirkan mantanmu. Jangan malah berdiam diri di kamar sambil dengerin musik sedih terus-menerus!
4. Ketemu orang baru
Enggak ada salahnya coba membuka diri menemui orang baru. Dengan begitu, perlahan-lahan kamu bisa mulai melupakan mantanmu. Tapi tentu saja saat kamu sudah siap, ya.
5. Jangan tutupi perasaanmu
Jika kamu merasa sedih, akuilah bahwa kamu memang sedang merasa sedih. Enggak perlu berpura-pura seolah kamu baik-baik saja. Terkadang, menangis justru akan membuat kamu merasa lebih lega.
ADVERTISEMENT
6. Nikmati kebebasanmu
Setelah putus dari pacar, nikmati saja kebebasanmu. Mungkin dulu mantanmu itu lumayan suka mengatur cara pakaian atau pergaulanmu, nah, kali ini saatnya bebas dari belenggu enggak penting tersebut! Kamu bisa berekspresi sebebas mungkin, mulai dari make over penampilan sampai membuka diri untuk kenalan sama orang baru.
7. Manjakan dirimu
Hal terbaik yang bisa kamu lakukan setelah putus adalah fokus pada diri sendiri. Kamu punya waktu luang untuk dirimu sendiri, misalnya memulai hobi baru atau berolahraga.
8. Tentukan prioritas
Dalam hubungan, mudah sekali kamu berubah jadi budak cinta alias bucin. Buatlah kesempatan ini untuk meluruskan kembali prioritasmu. Fokus kepada keluarga, teman, pekerjaan, dan hal-hal penting lain dalam hidupmu.
ADVERTISEMENT
9. Jangan pedulikan mantan
Kunci keberhasilan dari move on adalah rasa bodo amat yang konsisten terhadap mantan. Setop stalking media sosialnya, dan enggak usah peduli terhadap setiap hal yang terjadi di hidupnya. Meskipun terlanjur banyak memori yang kamu jalani bersama dia, akan lebih baik jika kamu merelakan dan menerima kenyataan yang terjadi.
Tenang saja, semua hal baik akan menghampiri kamu, kok, sebagai gantinya.
Penulis: Lavira Andaridefia
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan