Tips sehat berkegiatan di rumah.jpg
28 Agustus 2020 10:06

Adaptasi Kebiasaan Baru Dimulai, Ini Tips Tetap Sehat dan Santai di Rumah

Adaptasi Kebiasaan Baru Dimulai, Ini Tips Tetap Sehat dan Santai di Rumah (6488)
Tips sehat berkegiatan di rumah saat fase adaptasi baru dimulai. Foto: Shutterstock
Diberlakukannya fase adaptasi kebiasaan baru membuat berbagai tempat mulai buka kembali seperti semula, mulai dari pasar, tempat makan, pusat perbelanjaan, hingga perkantoran. Orang-orang pun perlahan mulai beraktivitas secara normal seperti sebelum pandemi datang, meski dengan menerapkan beberapa protokol pencegahan virus corona.
Meski begitu, kita tidak boleh terbuai dengan segala kelonggaran ini karena COVID-19 belum benar-benar mereda. Bahkan banyak daerah yang sebenarnya masih dinyatakan sebagai zona merah akibat angka penularannya yang tinggi. Jadi kesehatan tentunya harus tetap diprioritaskan.
Bila tidak ada kewajiban atau kebutuhan darurat yang mengharuskan kita untuk keluar rumah, tetap di rumah aja masih jadi pilihan bijak untuk saat ini. Nah, kesempatan di rumah juga bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kesehatan agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Bagaimana caranya? Yuk, praktekkan tips sehat ini selama di rumah:

1. Sajikan makanan sehat

Adaptasi Kebiasaan Baru Dimulai, Ini Tips Tetap Sehat dan Santai di Rumah (6489)
Ilustrasi makan makanan sehat. Foto: Shutterstock
Banyak lho, kegiatan positif sekaligus menyehatkan yang bisa kamu lakukan selama di rumah, salah satunya mencoba memasak makanan yang sehat. Selain bisa disesuaikan dengan selera, memasak sendiri di rumah tentu akan lebih higienis, kan.
Kamu bisa memperbanyak olahan dari sayur dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin serta serat yang baik untuk sistem pencernaan serta bisa memperkuat daya tahan tubuh. Berbagai jenis daging dan produk hewani turunannya seperti susu atau keju yang kaya protein juga bisa jadi pilihan menu di rumah, karena dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme tubuh.

2. Siap sedia produk kesehatan dan perlindungan diri

Adaptasi Kebiasaan Baru Dimulai, Ini Tips Tetap Sehat dan Santai di Rumah (6490)
Alat kesehatan untuk mencegah virus corona. Foto: Shutterstock
Di rumah saja bukan berarti kita terbebas dari ancaman virus corona. Untuk itu, masker, hand sanitizer, sabun antiseptik, hingga face shield harus selalu tersedia sehingga bila langsung kita gunakan sewaktu-waktu dibutuhkan.
Bukan itu saja, sebaiknya siapkan juga berbagai produk kebersihan rumah seperti sabun cuci serta cairan pembersih lantai yang punya kemampuan membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit. Sebab, bukan tidak mungkin kuman yang menempel di baju atau barang-barang saat pergi ke luar bisa terbawa dan mengkontaminasi perabot rumah.

3. Cari hiburan selama di rumah

Adaptasi Kebiasaan Baru Dimulai, Ini Tips Tetap Sehat dan Santai di Rumah (6491)
Meminimalisir stres dengan mencari hiburan di rumah. Foto: Shutterstock
Tak hanya kesehatan fisik yang penting, kita juga harus memperhatikan kesehatan psikis, apalagi di kondisi sekarang, mood swing dan stres akibat banyaknya tekanan lebih rentan menyerang. Bukan tanpa alasan, ternyata kesehatan mental itu berhubungan erat dengan kesehatan fisik dan daya tahan tubuh.
Bahkan dilansir Mental Health, orang dengan level stres tinggi memiliki risiko 32 persen lebih besar terkena penyakit kronis, seperti gangguan jantung hingga kanker. Nah, selama di rumah, manfaatkan televisi atau gadget untuk mencari hiburan versi kamu sendiri, misalnya dengan streaming film, mendengarkan musik favorit, nonton video lucu, atau karaokean.

4. Belanja kebutuhan harian secara online

Adaptasi Kebiasaan Baru Dimulai, Ini Tips Tetap Sehat dan Santai di Rumah (6492)
Ilustrasi belanja online. Foto: Shutterstock
Belanja kebutuhan sehari-hari secara online jadi pilihan untuk meminimalisir keluar rumah di masa pandemi seperti sekarang. Tapi, banyak juga orang yang masih ragu untuk belanja online karena kualitas produk serta keamanan yang belum tentu terjamin.
Kini tak perlu khawatir lagi, sebab berbagai kebutuhan selama di rumah saja, mulai dari produk sembako dan makanan sehat, produk kesehatan dan perlindungan hingga alat elektronik penunjang hiburan yang berkualitas bisa kamu dapatkan di LazMall.
Ya, LazMall merupakan mal virtual Lazada yang menjadi pusat dari merek-merek ternama, mulai dari produk kecantikan, produk susu dan kebutuhan anak, produk fashion, hingga produk elektronik yang telah dikuratori dengan cermat, sehingga jaminan produk 100 persen orisinal, berkualitas, dan lebih hemat. Selain produk berkualitas, belanja di LazMall juga terjamin aman dan apabila ada masalah atau barang tidak sesuai, konsumen akan mendapatkan garansi pengembalian barang hingga 15 hari.
Dan yang tidak kalah menarik, akan ada banyak program menarik di LazMall untuk memanjakan seluruh konsumen Lazada saat berbelanja di momen-momen tertentu. Salah satunya LazMall Super Brand Day yang akan memberikan diskon besar-besaran untuk berbagai produk ternama pilihan hingga bagi-bagi voucher dari brand favorit kamu.
Jadi tak ragu lagi sambil menjaga kesehatan di rumah, kan? Segala produk berkualitas yang kamu butuhkan bisa didapatkan di LazMall.
Video
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Lazada